Categories

Mobile

Moog dan Korg Gratiskan Aplikasi Synth Digitalnya Agar Musisi Bisa Tetap Berkarya Selama Pandemi

Social distancing, kerja dari rumah, musisi pun termasuk

Glenn Kaonang - 16 March 2020

Sebagian besar dari kita sudah mulai bekerja dari rumah. Penyebaran virus corona yang masih terus berlanjut memaksa dunia melangsungkan praktik social distancing. Dan yang terkena dampaknya bukan cuma para pekerja kantoran saja, tapi juga mereka yang menggeluti industri kreatif, termasuk halnya para musisi.

Pandemi ini sudah pasti menghambat rutinitas kita, dan itu mendorong sejumlah perusahaan teknologi untuk sebisa mungkin membantu kita tetap produktif. Kita sudah melihat bagaimana Google menggratiskan fitur berbayar layanan video conference-nya dan bagaimana Discord menaikkan kuota maksimum penonton yang didukung oleh fitur live streaming-nya.

Di industri musik sendiri, ada Moog dan Korg yang mencoba memberikan bantuan. Keduanya memutuskan untuk menggratiskan aplikasi synth digitalnya untuk sementara waktu dengan tujuan supaya para musisi tetap bisa berkarya di kediamannya masing-masing.

Untuk Moog, yang digratiskan adalah aplikasi Minimoog Model D Synthesizer untuk perangkat iOS. Aplikasi ini pada dasarnya merupakan rekreasi digital atas keyboard synth bernama sama yang populer di tahun 70-an. Harga asli aplikasinya sebenarnya tidak terlalu mahal (Rp 75 ribu), tapi sekarang adalah kesempatan terbaik untuk menggaetnya secara cuma-cuma, sebab Moog belum menentukan sampai kapan aplikasi ini bakal digratiskan.

Untuk Korg, yang digratiskan adalah aplikasi synth yang tidak kalah tenar, yakni Kaossilator untuk Android sekaligus iOS. Deal-nya jauh lebih menarik di sini, sebab biasanya aplikasi Korg Kaossilator dijual sekitar Rp 239 ribu, dan sekarang kita bisa mendapatkannya tanpa membayar satu sen pun. Versi Android-nya digratiskan sampai 31 Maret, sedangkan versi iOS-nya cuma sampai 20 Maret.

Kalaupun Anda bukan seorang musisi profesional, tidak ada salahnya mengunduh kedua aplikasi ini sekarang juga (mumpung gratis). Anggap saja sebagai salah satu stok hiburan selama kita menghabiskan lebih banyak waktu di rumah masing-masing.

Sumber: Engadget dan MusicRadar.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter