13 December 2016

by Yoga Wisesa

Moskito Adalah Smartwatch Analog Elegan Untuk Para Pesepeda

Diproduksi langsung di Swiss menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, desain Moskito tidak akan mengecewakan Anda.

Para desainer tak ada hentinya berusaha menemukan cara baru untuk membuat kegiatan bersepeda jadi lebih menarik. Dan di era 'serba terkoneksi' ini, tak jarang dari mereka mencoba mengintegrasikan teknologi mobile serta menambahkan beragam fitur pintar. Namun dengan mengusung kemampuan tersebut, harganya juga jadi melambung tinggi.

Para inventor dari Swiss punya ide brilian sehingga kita tak perlu mengeluarkan banyak biaya demi memperoleh sepeda pintar. Solusi mereka adalah perangkat wearable bernama Moskito, yaitu sebuah kombinasi antara smartwatch, komputer smart bike serta chronograph. Moskito mengusung sejumlah elemen arloji klasik seperti sistem hand analog dan baterai tahan lama, namun dengannya Anda bisa segera tahu juka ada panggilan telepon atau pesan masuk.

Diproduksi langsung di Swiss menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi, desain Moskito tidak akan mengecewakan Anda. Developer menawarkan dua varian smartwatch, yakni tipe Fly dan Classic. Agar ringan, tubuh Fly dibuat dari bahan aluminium kelas pesawat terbang, sedangkan Classic memanfaatkan material stainless steel; keduanya dipadu kaca mineral atau kristal safir.

Moskito mempunyai diameter 44mm dan ketebalan 11,9mm, tersedia opsi strap kulit atau strap NATO selebar 20mm. Device mengandalkan sistem pergerakan quartz dengan enam motor bidirectional, tahan air hingga kedalaman 2m, dam ditenagai baterai lithium-ion build-in. Baterai tersebut mampu bertahan selama 6 sampai 24 bulan, dan dapat Anda isi ulang melalui USB charging.

Tentu saja selain tampil keren, fungsi utama Moskito adalah memberikan segala hal yang dibutuhkan para pengendara. Sebelum melaju, Anda cukup melepas modul utama smartwatch dan memasangnya di mount di sepeda. Selanjutnya, perangkat akan memberitahu segala info penting: kecepatan serta kecepatan rata-rata, jarak, dan rekor waktu tercepat. Watch face dirancang agar betul-betul menyerupai speedometer analog sehingga penggunaannya familier - tersedia pilihan unit km/jam atau mil/jam.

Anda dapat berkompetisi dengan sesama pengguna dan juga dipersilakan mengunggah data ke Strava ataupun Garmin Connect. Agar seluruh fungsi Moskito bekerja (kecepatan serta fitur notifikasi), pengguna perlu menyambungkannya ke smartphone via Bluetooth. Aplikasi Moskito sendiri tersedia gratis untuk platform iOS dan Android.

Tim Moksito saat ini sedang melangsungkan kampanye crowdfunding di Kickstarter, dan Anda sudah bisa memesannya. Moskito Fly dijajakan seharga mulai dari CHF 535 (kira-kira US$ 528), sedangkan Moskito Classic ditawarkan di harga CHF 585 (kurang lebih US$ 577). Jika upaya pengumpulan dana ini sukses, proses distribusi rencananya akan dilangsungkan di bulan Oktober 2017.