26 February 2015

by Bambang Winarso

Moto E Generasi Kedua Resmi Diluncurkan Dalam Dua Varian 3G dan 4G, Harga Tetap Murah

Motorola baru saja mengumumkan generasi kedua smartphoneMoto E yang merupakan varian low-end mereka, kali ini dengan sejumlah peningkatan. Motorola menawarkan dua varian Moto E yang dibedakan atas teknologi jaringan, 3G dan 4G serta membenamkan sistem operasi Android terbaru, Lollipop.

Perbedaan kedua varian terletak pada komponen jeroan yang dibawa, Moto E varian 3G dibekali chipset Qualcomm Snapdragon 200 yang terdiri dari CPU quad-core 1,2GHz, dan pengolah grafis Adreno 302.

Sementara Moto E varian 4G lebih superior dengan modal chipset Qualcomm Snapdragon 410 yang juga memiliki empat inti CPU 1,2 GHz, tapi dengan grafis satu level di atas varian 3G, yakni GPU Adreno 306.

Info Menarik:Ini Dia Smartwatch Paling Minimalis Dengan Baterai Terawet

Di luar dari perbedaan prosesor di atas, kedua varian Moto E tak ubahnya si kembar identik yang dilahirkan bersamaan. RAM keduanya sama-sama berkapasitas 1GB, memori internal 8GB (microSD hingga 32GB), dan baterai 2390 mAh yang diklaim mampu bertahan selama 24 jam.

Perawakan perangkat juga tak identik, sama-sama dibalut layar 4,5 inci IPS yang tentu lebih lebar dari generasi pertama yang hanya 4,3 inci. Kemudian mengusung resolusi layar 540 x 960 piksel dengan kepadatan 245 ppi. Komponen pelindung layar masih mengandalkan Corning Gorilla Glass 3 sebagaimana digunakan di generasi sebelumnya.

Info Menarik:‘Sepeda-Mobil’ Raht Racer Mampu Lewati Kecepatan 110 Kilometer per Jam

Kamera utama Moto E generasi kedua ini masih sama dengan pendahulunya, hanya 5MP namun kini dilengkapi dengan sederet fitur penunjang yang lebih tokcer, seperti 4x digital zoom, slow motion video, f/2.2 aperture, auto HDR, tap to focus dan Quick Capture. Plus tentunya kamera depan walau hanya kelas VGA.

Dan ini yang menarik, karena generasi kedua Moto E ini baik varian 3G ataupun 4G sudah membawa sistem operasi Android 5.0 Lollipop sejak diluncurkan. Jadi, jika Anda tidak terlalu tertarik dengan hardware yang ditawarkan tapi ngebet ingin mencoba Android Lollipop. Moto E ini wajib jadi buruan pertama.

Info Menarik:Snapdragon 600 dan 400 Terbaru Siap Tenagai Handset Kelas Menengah

Motorola telah memastikan bahwa Moto E ini akan tersedia mulai hari ini dan akan menyambangi 50 negara di benua Amerika Utara, Amerika Latin, Eropa dan tentu saja Asia. Banderolnya berapa? Cukup terjangkau, untuk varian 3G hanya $119.99 atau sekitar Rp 1,4 juta-an dan untuk varian 4G dibanderol $149.99 atau setara dengan Rp 1,8 juta-an.

Sumber berita Motorola.