Categories

Gadget

Moto G5S Plus Siap Gempur Segmen Menengah Dengan Dual Camera, Spek Canggih dan Tema Cinta Indonesia

Buat merayakan pencapaian 30 persen TKDN, Lenovo membubuhkan banyak sekali elemen lokal dalam branding Motorola.

Yoga Wisesa - 20 September 2017

Serbuan smartphone kelas menengah berfitur high-end tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Saat ini, dual camera menjadi tren paling panas, dan para produsen berlomba-lomba menyediakannya. Dua minggu lalu, satu perangkat baru dari brand Tiongkok sempat jadi pusat perhatian. Tapi Motorola melangkah lebih gesit, dan mendahului pendaratan mereka di Indonesia.

Moto G5S Plus 14

Tepat sehari sebelum Xiaomi Mi A1 meluncur, Motorola resmi memperkenalkan Moto G5S Plus di tanah air, sebuah smartphone yang disiapkan sebagai kanvas berkreasi para penggunanya. Momen ini juga istimewa bagi sang pemilik brand, Lenovo, karena mereka berhasil memenuhi kebijakan TKDN sebesar 30 persen. Dan buat merayakan pencapaian tersebut, produsen membubuhkan banyak sekali elemen lokal dalam branding Motorola.

Moto G5S Plus 17

Dan dalam menggempur segmen yang sangat ramai itu, Moto G5S Plus tidak melakukannya sendirian. Ia ditemani dua adiknya, Moto E4 Plus serta Moto C Plus. Dan terkait titel Plus yang diusung ketiga produk, country lead Lenovo Adrie R. Suhadi bergurau, siapa yang bisa menolak penawaran ‘plus plus’?

Moto G5S Plus 12

 

Desain ikonis, semangat nasionalis

Moto GS5 Plus ialah smartphone berlayar 5,5-inci full-HD dengan tubuh unibody dari bahan logam. Di sana, Motorola mengembalikan satu aspek yang membuat desain smartphone Motorola diingat pengguna setianya: cekungan melingkar pada logo M di bagian punggung. Moto GS5 Plus memiliki ketebalan 8mm serta rasio lebar dan tinggi 153,5×76,2mm. Dan seperti keluarga Moto Z, modul kamera bundar sedikit menonjol di belakang, dan di sana Anda bisa melihat dua buah lensa dan dual-tone flash.

Moto G5S Plus 3

Moto G5S Plus 10

Saat smartphone digenggam, area cekung pada brand Motorola memang berada di jangkauan jari telunjuk, namun ia tidak menyimpan sensor fingerprint. Pemindai sidik jari ditaruh di sisi depan, terintegrasi dengan tombol home.

Moto G5S Plus 18

Moto G5S Plus 7

GS5 Plus ditawarkan dalam dua pilihan warna, yaitu abu-abu ‘lunar‘ dan emas ‘merona’. Dan untuk menambahkan tema lokal pada aspek desain itu, Motorola menyematkan wallpaper-wallpaper yang mewakilkan kekayaan alam dan budaya Indonesia, misalnya pola batik, patung candi Borobudur, hingga puncak gunung Rinjani. Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan ringtone khas Motorola yang dimainkan dengan instrumen musik lokal: angklung, kolintang dan gamelan.

 

Moto Display dan Moto Actions

Dengan dua fitur ini di Moto G5S PLus, smartphone bisa melakukan banyak hal seperti menampilkan notifikasi di lock screen dan memungkinkan kita membalas pesan tanpa membuka app. Lalu Moto Actions mempersilakan kita mengakses sejumlah fitur di handset via gesture, misalnya mengguncang G5S Plus dua kali buat menyalakan LED, atau men-twist-nya untuk mengaktifkan fungsi kamera.

Moto G5S Plus 5

Moto G5S Plus 4

Tentu saja fungsi One Button Nav tersedia di Moto Actions, mempersilakan kita menggunakan tombol home untuk melakukan navigasi: swipe ke kiri buat back, ke kanan untuk membuka menu multi-tasking, dan tap lebih lama buat mengunci smartphone.

 

OS Android Nougat murni

Lalu seperti para pendahulunya, aspek andalan lain di smartphone baru ini adalah penggunaan stock Android 7.1.1 Nougat tanpa kehadiran overlay UI apapun demi menyuguhkan ‘pengalaman Android yang murni’. Tim Motorola juga berjanji, Moto G5S Plus akan mendapatkan pembaruan ke Android 8.0 Oreo.

Moto G5S Plus 1

 

Dual camera di belakang, panorama selfie di depan

Untuk fotografi, Moto GS5 Plus memanfaatkan kombinasi dua sensor, yaitu 13-megapixel monokromatis dan 13-megapixel RGB. Sensor monokromatis bertugas menangkap detail, lalu sensor RGB bertanggung jawab merangkul warna. Keduanya mempunyai lensa ber-aperture f/2.0, dibantu kemampuan digital zoom 8x, flash dual LED, berbagai opsi mode (termasuk mode ‘profesiona’), serta kapabilitas merekam video 4K di 30-frame rate per detik.

Moto G5S Plus 8

Moto G5S Plus 2

Fungsi selfie juga jadi perhatian Motorola. Moto G5S Plus dibekali kamera depan 8-megapixel dengan aperture f/2.0, juga dilengkapi LED flash, fitur beautify, dan mode panorama sehingga Anda tidak memerlukan selfie stick buat menangkap background lebih luas atau sewaktu melakukan swafoto bersama kawan-kawan.

Moto G5S Plus 9

 

Spesifikasi

Moto GS5 Plus dipersenjatai system-on-chip Qualcomm kelas mid-high Snapdragon 625 yang menyimpan CPU octa-core Cortex-A53 2GHz dan GPU Adreno 506, juga ditunjang RAM 4GB, penyimpanan internal 32GB (bisa diekspansi hingga 128GB), baterai 3.000mAh yang turut ditopang fitur Turbopower (sajikan enam jam penggunaan dengan isi ulang 15 menit), dan tidak lupa dibekali NFC.

Moto G5S Plus 6

 

Harga dan jadwal pre-order

Motorola Moto G5S Plus bisa Anda pre-order mulai hari ini sampai tanggal 28 September nanti, disuguhkan secara ekslusif di Lazada.co.id. Di sana, produk dijajakan seharga Rp 3 juta, dan rencananya akan mulai didistribusikan pada tanggal 4 Oktober 2017. Saat ditanya apakah Motorola punya rencana untuk menjajakan Moto G5S Plus di gerai retail, produsen hanya berkomentar bahwa buat sementara, mereka hanya fokus pada penjualan online.

Moto G5S Plus 15

Moto E4 Plus dan Moto C Plus juga mulai dijual di tanggal 20 September, masing-masing dibanderol Rp 2,3 juta dan Rp 1,78 juta.

Moto G5S Plus 16

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter