24 July 2014

by Yoga Wisesa

Motorola dan VivaLnk Memperkenalkan Tato Digital untuk Meng-unlock Device Pintar

Tahukah Anda, dengan jumlah pengguna perangkat pintar yang terus bertambah dan fungsi yang kian canggih, metode unlock hampir tidak banyak berubah dalam beberapa dekade terakhir. Anda selalu diminta untuk memasukkan password berupa huruf dan angka, membuat pola, atau menyentuh bagian tertentu pada layar secara berurutan.

Mayoritas pengguna smartphone meng-unlock perangkat mereka hampir 40 kali dalam satu hari. Lalu dalam melakukan proses itu, pengguna membutuhkan waktu rata-rata sekitar 2,3 detik. Jika Anda jumlahkan semuanya, maka kita membutuhkan waktu 10 jam untuk meng-unlock device dalam satu tahun. Sayangnya metode face unlock masih jauh dari sempurna, dan belum bisa diandalkan.

Mereka yang tidak mau repot biasanya membiarkan perangkat pintar dapat diakses tanpa pengaman, padahal hal ini sangat berbahaya terutama jika Anda menggunakan smartphone sebagai medium untuk bekerja dan berbisnis. Jika hilang, Anda bukan hanya kehilangan satu buah device, tapi membahayakan seluruh kegiatan bisnis dan rahasia perusahaan.

 

Info menarik: Silmee Bar type, Wearable Device dari Toshiba, Akan Diluncurkan di Bulan September

 

Solusi termudah ditawarkan oleh tim Google Advanced Technology and Projects dan VivaLnk. Mereka mengenalkan sebuah wearable device berupa tato yang bisa Anda tempelkan di bagian tubuh manapun, seperti lengan atau paha. Tato tersebut - dinamai Digital Tattoo - dibuat dari plastik yang sangat tipis, dan di dalamnya ditanamkan sirkuit serta chip NFC.

Untuk membuka smartphone, yang perlu Anda lakukan adalah menempelkan bagian punggung device ke tato. Digital Tattoo memiliki ukuran satu-inci (atau 24,13 sentimeter), dan menempel di kulit dengan zat perekat berkualitas medis yang dikembangkan oleh para ahli di 3M. Ia dapat menempel selama lima hari, dengan kemampuan anti-air, dan tetap merekat walaupun Anda melakukan berbagai aktivitas sehari-hari seperti mandi, berenang serta berolahraga.

Saat ini Digital Tattoo baru mendukung device Moto X. Cara pemakaiannya sangat mudah, ia dapat dipasangkan layaknya stiker di kulit. Agar menempel, Anda hanya tinggal menekannya selama 10 hingga 20 detik. Untuk mensinkronisasinya, akses Moto X Anda secara manual dan sentuhkan handset ke tato tersebut. Semudah itu.

 

Info menarik: Rambah Ranah Wearable Device, Xiaomi Rilis Gelang Kesehatan Bernama Mi Band

 

Menurut penjelasan Regina Dugan dari Motorola, Digital Tattoo dibuat dari material fleksibel super-tipis yang dibuat berbasis teknologi eSkinTM besutan VivaLnk. "Tiap tato didesain untuk meng-unlock perangkat Moto X Anda dalam satu sentuhan, tanpa perlu memasukkan password," tuturnya.

Jika Digital Tattoo yang dikenakan hilang atau dicuri, Anda bisa dengan mudah melakukan unpair dari setting Moto X. Sebaliknya, pencuri tidak bisa mengunduh PIN dari tato digital itu karena data PIN disimpan dalam Moto X. Saat mendeteksi Digital Tattoo, handset hanya mengganggapnya sebagai ID unik (seperti barcode) yang dapat membuka smartphone.

Anda bisa segera memesan Digital Tattoo dari websiteVivaLnk. Satu paket berisi 10 buah tato dan dibanderol dengan harga US$ 10. VivaLnk tampaknya juga memiliki rencana jangka panjang untuk memperluas model smartphone yang dapat mendukung aksesori ini.

Via Engadget. Sumber: Blog Motorola.