Categories

Gadget

Motorola Kenalkan Tiga Keluarga Moto G6, Bawa Layar Penuh dan Kamera Ganda

Keluarga Moto G6 meramaikan pasar smartphone kelas menengah yang kini semakin diminati

Lukman Azis - 21 April 2018

Bila sebelumnya segmen smartphone untuk pasar pemula lebih diminati, karena banyak konsumen yang baru pertama kali menggunakan smartphone.

Kini tren mulai bergeser, di mana smartphone kelas menengah semakin diinginkan karena pengguna smartphone entry-level membutuhkan ponsel dengan spesifikasi lebih baik.

Salah satu pembesut smartphone kelas menengah ialah Motorola, pabrikan ponsel yang kini dikemudikan oleh Lenovo itu baru saja meluncurkan keluarga Moto G6 dengan tiga anggota sekaligus.

Ada Moto G6, Moto G6 Plus, dan Moto G6 Play. Ketiganya punya keunggulan masing-masing, tetapi juga punya banyak kesamaan.

Perihal yang sama menyelimuti, OS Android Pure versi 8.0 Oreo, layar penuh 18:9, LED flash selfie, dan punya akses gratis high-quality storage di Google Photos (untuk foto dan video).

Perbedaan besar antara ketiga model terletak di kualitas layar, kemampuan kamera, dan dapur pacunya. Mari kita kenalan satu persatu-satu.

Moto G6 Plus

[embed]https://youtu.be/CDzFdPhwkZM[/embed]

Dari dua saudaranya, Moto G6 Plus memiliki spesifikasi paling tinggi dan layar paling besar. Di sana ada panel IPS yang membentang 5,9 inci resolusi Full HD+ dengan aspek rasio 18:9.

Kemampuan fotografinya juga yang terbaik, di mana terdapat sistem kamera ganda di bagian belakang. Lensa utama 12-megapixel dengan ukuran piksel besar 1.4μm dan lensa sekunder 5-megapixel.

Proses memotret didukung teknologi dual pixel yang mampu meningkatkan kecepatan fokus. Kombinasi dari dua kamera di atas memungkinkan kita memotret dengan hasil lebih baik dalam kondisi low light.

Selain itu, kamera utama juga mampu merekam video 4K. Sementara, untuk selfie mengandalkan kamera depan 8-megapixel dan punya fitur face filter yang menambah keseruan aktivitas selfie.

Di bagian dalam, tertanam chipset Snapdragon 630 yang dipaketkan bersama RAM 4GB dengan memori internal 64GB atau RAM 6GB dengan ruang simpan 128GB, serta baterai berkapasitas 3200 mAh.

Moto G6

[embed]https://youtu.be/20vwZ-ipZfM[/embed]

Beralih ke Moto G6, mereka berbagi desain yang sama dengan body-nya tersusun atas material kaca, di mana bagian depan dan belakang menggunakan kaca 2.5D Gorilla Glass 3. Body-nya juga dilapisi P2i water-repellent coating yang membuatnya tahan percikan air

Bedanya, Moto G6 punya layar lebih kecil yakni 5,7 inci dengan resolusi yang sama Full HD+. Kemudian untuk mengabadikan momen, Moto G6 bertumpu pada teknologi kamera ganda 12-megapixel bukaan f / 1.8 dan 5-megapixel. Sedangkan, kamera depannya tetap 8-megapixel.

Tak seperti Moto G5 Plus, kamera ini tidak didukung teknologi dual pixel dan tak mampu merekam video 4K. Namun setidaknya sudah bisa menyimpan video 1080p pada 60fps.

Stamina Moto G6 dan Moto G6 Plus juga berbeda, harus puas dengan chipset Snapdragon 450 dipadukan RAM 3GB dengan internal 32GB atau RAM 4GB dengan memori internal 64GB, dan baterai 3000 mAh dengan pengisian cepat TurboCharger.

Moto G6 Play

[embed]https://youtu.be/BNIosf0wZ-k[/embed]

Kekuatan utamanya terletak pada daya tahan hidup yang lebih lama. Untuk mendapatkan hal tersebut, Moto G6 Play dibenamkan kapasitas baterai yang lebih besar - 4000 mAh.

Kemudian menurunkan resolusi layar 5,7 inci-nya menjadi HD+. Berkat itu, Motorola mengklaim Moto G6 Play mampu bertahan hingga 36 jam dan proses pengisiannya juga didukung TurboPower 15W.

Soal fotografi, cuma menggunakan satu kamera 13-megapixel yang mampu merekam video 1080p pada 30fps. Sedangkan untuk selfie, tetap 8-megapixel.

Dalamannya menggunakan Snapdragon 430, chipset ini memang tidak begitu kuat tapi punya efisien daya yang cukup baik. Guna menggeber kinerja, disokong RAM 3GB dan memori internal 32GB yang bisa dapat diperluas via microSD.

Harga dan Ketersediaan

Keluarga baru Motorola Moto G6 bakal tersedia secara global mulai bulan Mei, berikut daftar harganya:

  • Motorola Moto G6 Plus €299 (Rp5,1 jutaan)
  • Motorola Moto G6 €249 (Rp4,2 jutaan)
  • Motorola Moto G6 Play €199 (Rp3,4 jutaan)

Sumber: GSMArena

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter