1. Lifestyle

Motorola Pamerkan Canggihnya Fleksibilitas Moto Z Dalam Acara Modsventure in a Snap

Tiga Moto Mods yang resmi masuk di Indonesia meliputi speaker JBL SoundBoost, proyektor Insta-Share, kamera True Zoom Hasselblad, dan offGrid Power Pack.

Harapan yang kandas bersama penghentian pengembangan smartphone modular Project Ara terobati dengan kehadiran Motorola Moto Z. Menjadi salah satu device flagship Lenovo, Moto Z disajikan bersama twist unik: Anda bisa mencantumkan bermacam-macam aksesori (sang produsen menyebutnya sebagai Moto Mods), dari mulai kamera sampai proyektor.

Lewat kemampuan tersebut, Moto Z dan saudarinya Moto Z Play boleh dibilang sebagai handset paling fleksibel yang tersedia di pasar saat ini. Bermaksud untuk mempresentasikan kemampuan-kemampuan unik Moto Z, Lenovo mengundang media untuk menjajalnya langsung dalam acara bertajuk 'Modsventure in a Snap' yang dilangsungkan di kota Lembang.

Kesederhanaan adalah salah satu faktor andalan dalam Moto Z dan Moto Z Play. Tiap modul Mods memiliki magnet sehingga kita bisa menempelkannya secara mulus dan presisi ke smartphone. Begitu tersambung, handset akan segera mengenalinya. Proses ini sangat simpel, dan Anda tidak perlu repot membongkar-pasang saat ingin menggunakannya: Moto Mods menempel dengan mantap, tapi juga gampang dilepas.

Moto Mods pertama yang di-highlight oleh tim Lenovo ialah speaker stereo JBL SoundBoost. Aksesori ini memungkinkan musik yang dijalankan dari Moto Z bisa terdengar oleh seluruh penghuni ruangan. Speaker ini tersinkronisasi ke smartphone via Bluetooth, dan bisa segera dioperasikan tanpa melewati proses pengaturan seperti speaker wireless sejenis. Penyajian ini juga memastikannya lebih portable dan menghemat tempat.

Mods Moto Z kedua yang dimonstrasikan oleh tim Lenovo bernama Insta-Share. Ia merupakan proyektor portable, mampu memancarkan gambar seluas 70-inci. Dibekali unit baterai internal, Insta-Share bisa dipakai dalam berbagai skenario. Cukup arahkan ke dinding berpermukaan rata, dan Anda segera mendapatkan 'layar dadakan' buat menikmati film atau melakukan presentasi di mana saja.

Mod True Zoom Hasselblad sendiri menjadi kebanggaan Motorola di ranah fotografi. Dengan membubuhkannya ke Moto Z, modul ini mem-bypass fungsi kamera smartphone, menggantinya dengan kamera racikan Hasselblad. Sebagaimana namanya, ia menghidangkan kemampuan pembesaran optik 'sejati' sebesar 10 kali, sehingga detail tetap bisa diperoleh meski gambar diambil dari jarak jauh.

True Zoom Hasselblad turut dibantu oleh kehadiran flash Xenon. Layaknya flash, ia bertugas untuk memberikan penerangan di kondisi-kondisi kurang cahaya. Bedanya adalah, kreasi Xenon ini sanggup menerangi objek foto secara merata. Kombinasi sensor dan flash Xenon diklaim mampu menghasil foto yang jernih dan bebas blur. Selanjutnya, hasil-hasil jepretan itu dapat di-share ke sosial media lewat satu sentuhan.

Mod Moto Z keempat sangat cocok dengan kebutuhan konsumen Indonesia yang umumnya selalu ingin bisa mengakses mobile app bebas interupsi. Dinamai offGrid Power Pack, modul ini ialah alternatif ringkas dari power bank. Dengan menyematkannya di device, Power Pack menambah waktu hidup Moto Z hingga 20 jam ketika sumber tenaga sedang tidak tersedia.

Dari penjelasan Anvid Ardian selaku 4P Lead di Lenovo Indonesia, Moto Mods akan terus dikembangkan, sertamendukung Moto Z dan Moto Z Play hingga tiga tahun ke depan. Selain itu, Motorola juga sudah menyiapkan pilihan aksesori dan mempersilakan Anda untuk mempersonalisasi smartphone dengan Moto Style Shell. Tak seperti aksesori biasa, Style Shell dibuat dari material-material premium semisal kayu, kulit, sampai nilon balistik.

Moto Z saat ini memegang predikat smartphone tertipis di dunia, berketebalan hanya 5,2-milimeter. Spesifikasi hardware dan layar membuatnya optimal untuk menunjang head-mounted display Google Daydream View, berkat ketersediaan system-on-chip Qualcomm Snapdragon 820 (CPU quad-core 1,8GHz dan GPU Adreno 530), RAM 4GB, memori internal 64GB dan panel AMOLED 5,5-inci QHD (2460x1440, 535ppi).

Dalam modul kameranya yang menonjol, Moto Z menyimpan sensor 13-Mp f/1.8 dipadu kamera depan 5-Mp. Lalu sebagai sumber tenaganya, Motorola mengandalkan baterai non-removable 2.600mAh berteknologi TurboPower - berkat fitur ini, smartphone bisa aktif sampai delapan jam cukup dengan men-charge selama 15 menit.

Moto Z Play sendiri memiliki kompatibilitas ke Moto Mods dan lebar layar (5,5-inci, 1080p) serupa Moto Z, dengan sedikit perbedaan pada penampilan serta spesifikasi. Meskipun tidak setipis saudarinya, tubuh Moto Z Play tetap ramping - berketebalan 7mm. Di sana, Motorola mengandalkan chip Qualcomm Snapdragon 625 (CPU octa-core 2GHz dan GPU Adreno 506), memadunya bersama RAM 3GB, penyimpanan internal 32GB, dengan baterai 3.510mAh.

Daftar harga masing-masing produk dan aksesori bisa Anda lihat di bawah:

  • Moto Z - Rp 8,5 juta
  • Moto Z Play - Rp 5,9 juta
  • JBL SoundBoost Speaker - Rp 1,6 juta
  • Hasselblad True Zoom Camera - Rp 3,6 juta
  • Insta-Share Projector - Rp 4,6 juta

Motorola Indonesia juga mengabarkan bahwa mereka sedang melangsungkan promo 'Office to Office' hingga tanggal 27 Maret 2017 nanti. Selama program ini berjalan, setiap pembelian Moto Z dan Moto Z Play dengan Mods speaker akan disertai potongan Rp 300 ribu.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again