8 September 2014

by Yoga Wisesa

Motorola Resmi Pamerkan Smartwatch Moto 360

Bersamaan dengan pengumuman smartphone Moto X dan Moto G terbaru, Motorola akhirnya memperlihatkan secara resmi produk smartwatch perdana sekaligus tipe yang mempopulerkan rancangan layar membulat dalam festival teknologi IFA Berlin 2014. Bukan hanya diungkap, smartwatch Motorola Moto 360 juga sempat dirilis dalam jumlah terbatas.

Moto 360 ialah salah satu produk Android Wear pertama, sebuah platform besutan Google khusus wearable device. Diumumkan pada bulan Maret kemarin, Google merangkul beberapa partner hardware dan jam model tangan pintar Motorola inilah yang pertama kali merepresentasikan identitas Android Wear.

Tapi ketika Asus (ZenWatch), Samsung (Gear S) dan LG (G Watch R) tidak segan-segan 'meneriakkan' spesifikasi produk mereka, performa hardware bukanlah satu-satunya daya tarik Moto 360. Apa yang ditawarkan produk ini adalah kombinasi dari beberapa hal - termasuk desain, app, konektivitas, fitur, penyajian informasi serta kemampuan Moto 360 yang semakin canggih seiring berjalannya waktu.

 

Info menarik: Asus ZenWatch Akhirnya Resmi Diperkenalkan

 

Sekali lagi, Motorola menekankan bahwa Moto 360 merupakan arloji pintar yang diusung dengan rancangan layaknya penunjuk waktu klasik bertema elegan. Penggunaan layar membulat dimaksudkan untuk memaksimalkan area display, juga agar nyaman dikenakan. Desain tersebut memastikan ia juga cocok digunakan dalam berbagai aktivitas dan mendukung segala jenis fashion.

Untuk bagian luarnya, Motorola memilih rangkaian material berkualitas tinggi. Mereka memadukan bahan stainless steel, lapisan Corning Gorilla Glass 3 dan strap kulit buatan Horween Leather - perusahaan keluarga pengrajin kulit dari Chicago yang sudah memulai bisnis mereka semenjak tahun 1905. Tapi tentu penampilan saja tidak cukup, Motorola perlu membekali Moto 360 dengan jeroan handal.

Sebagai jendela ke ruang digital, Anda mendapatkan layar backlit LCD 1,56-inci beresolusi 320x290 dengan 205ppi. Ditambah frame, Moto 360 mempunyai diameter 46 milimeter. Di dalamnya, smartwatch tersebut ditenagai prosesor TI OMAP 3, memori RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB dan baterai berkapasitas 320mAh - mampu bertahan sepanjang hari.

Smartwatch Moto 360 memiliki konektivitas Bluetooth 'Low Energy', sensor pendeteksi detak jantung, microphone ganda, motor penggetar serta pedometer. Di samping layar sentuh, Anda dapat menemukan satu buah tombol fisik.

 

Info menarik: Tak Mau Kalah Dari LG, Samsung Ungkap Smartwatch Gear S Berkonektivitas 3G

 

Selain di-pre-load dengan enam buah tampilan penunjuk waktu digital, Moto 460 memberi Anda segala macam notifikasi berdasarkan lokasi. Sebagai gadget Android Wear, tentu ia menyajikan info cuaca, jadwal penerbangan, notifikasi sosial media, kabar lalu lintas dan lain-lain. Hebatnya lagi, Moto 360 terintegrasi ke fungsi Google Now. Anda bisa melakukan hal apapun hanya dengan perintah suara: pesan singkat, pengingat, hingga bantuan arah.

Bukan smartwatch canggih namanya jika tidak memiliki fungsi kesehatan. Moto 360 selalu memonitor detak jantung penggunanya, dan dibantu aplikasi heart activity, arloji pintar ini akan membantu Anda hidup lebih sehat. Terakhir, Motorola berjanji untuk terus memperluas jumlah app - syaratnya berjalan di platform Android 4.3 ke atas.

Pada tanggal 5 September lalu, Moto 360 sempat dirilis dan langsung terjual habis. Jika tertarik, Anda bisa mendaftarkan email untuk mendapatkan info secepatnya apabila ia kembali tersedia. Moto 360 dibanderol seharga US 250 dengan dua pilihan warna, hitam dan kelabu.

Sumber: Motorola.com.