22 May 2015

by Yoga Wisesa

Mousepad Razer Firefly Bisa 'Menari' Dengan Belasan Juta Warna

Memuaskan gamer hardcore bukanlah perkara mudah. Di satu sisi, mereka menginginkan perlengkapan berperforma tinggi. Di sisi lain, penampilan juga harus selalu terjaga. Salah satu nama sepuh yang selalu dijadikan barometer periferal adalah Razer Inc. Reputasi Razer sangat tinggi, dan mereka terkenal tidak gentar melakukan eksperimen radikal dalam peracikan produk.

Jika kebetulan Anda memiliki sebuah PC khusus gaming berspesifikasi monster senilai ribuan dolar - dilengkapi beragam aksesori pendukung high-end - tapi bingung menentukan mousepad yang tepat, Razer punya solusinya. Perusahaan asal San Diego itu telah menyiapkan Razer Firefly, mouse mat spesialis gaming berstruktur solid, dipadu sistem pencahayaan LED dengan total 16,8 juta warna.

Jumlah tersebut bukanlah salah tulis. Teknologi ini dinamai Razer Chroma, dimaksudkan untuk menyuguhkan level kustomisasi tanpa batas. Menurut Razer, tiap gamer mempunyai gaya dan setup berbeda terlepas dari genre game favorit mereka. Chroma tidak sekedar merepresentasikan opsi warna, tapi turut menantang kita berkreasi. Silakan samakan mouse mat dengan warna logo guild/clan/tim, ruangan, atau casing PC Anda.

Pengaturan dapat dilakukan via aplikasi Razer Synapse, dengan pilihan satu, tiga hingga puluhan kombinasi warna; semuanya memungkinkan. Warna-warni juga bisa tersinkronisasi ke periferal berteknologi Chroma lain semisal keyboard Razer Blackwidow, mouse Deathadder, Naga Epic, dan headphone Razer Kraken 7.1. Sang produsen menyebut fitur ini sebagai 'full spectrum gaming'.

Info menarik: Tak Hanya Canggih, Mouse Thermaltake Ventus X Pastikan Tangan Tetap Sejuk

Tentu Razer Firefly tidak sekedar menawarkan kustomisasi secara estetika. Sisi teknisnya-pun digarap serius. Mayoritas mouse mat tersaji dalam dua pilihan umum, fokus ke kecepatan atau keakuratan. Alternatifnya, produsen menempatkan permukaan berbeda pada kedua sisi. Firefly menyimpan rangkaian tekstur mikroskopis demi menyeimbangkan dua faktor tersebut. Gerakan mouse jadi terasa ringan, namun presisi tetap terjamin.

Razer Firefly dioptimalkan buat segala tipe sensor dan tingkat setting sensitivitas, termasuk jenis mouse lain (walau merek Razer tetap direkomendasikan). Mousepad itu telah diuji sendiri oleh para atlet esport dan lulus tes intensif di laboratorium. Dimensinya luas, dengan ukuran panjang dan lebar 355x255 milimeter, tebal empat milimeter dan berat 308 gram. Firefly dibekali connector USB gold-plated dan base karet non-slip.

Program pre-order Razer Firefly telah dibuka, hanya saja belum ada di Indonesia, dibanderol seharga US$ 60 dan tersedia global bulan Juni 2015 nanti.

Sumber: RazerZone.com.