Categories

Opini

Movreak 1.0 Telah Resmi Hadir untuk Pengguna Symbian

Wiku Baskoro - 8 March 2011

Aplikasi yang berguna untuk memberikan informasi seputar jadwal film yang juga dilengkapi dengan berbagai elemen sosial Movreak mengumumkan bahwa mereka kini menyediakan aplikasi Movreak bagi pengguna ponsel berbasis Symbian.

Movreak 1.0 untuk Symbian ini tersedia untuk perangkat dengan platform Symbian^3 (Nokia N8, C7 dan E7) dan tersedia di toko aplikasi Nokia, Ovi Store.

Aplikasi Movreak, yang juga menjadi salah satu pemenang SparxUp Awards ini telah tersedia gratis bagi pengguna iPhone, kini mereka melebarkan sayap dan menyediakan aplikasi bagi pengguna Symbian. Dari rilis resmi yang dikirimkan Andri Yadi, founder dari Movreak, aplikasi Movreak untuk Symbian ini dikembangkan selama 2 bulan dan menghabiskan 400 jam kerja.

Movreak menyediakan berbagai fasilitas seperti info film yang sedang diputar di bioskop, informasi tentang film tersebut seperti judul, sutradara dan aktor serta menyediakan elemen sosial pada aplikasi mereka, dan yang terpenting adalah informasi tentang jadwal putar film untuk masing-masing bioskop (XXI dan Blitzmegaplex).

Lalu apa saja yang ditawarkan Movreak 1.0 untuk Symbian ini? Meski belum sempat mencoba sendiri Movreak di perangkat Symbian, namun berikut penjelasan tentang aplikasi Movreak untuk Symbian seperti yang dijelaskan Andri lewat email.

Tampilan halaman home dari Movreak untuk Symbian memiliki perbedaan dengan ‘saudara’ mereka di iPhone. Selain menyediakan halaman home khusus, beberapa elemen UI yang baru adalah efek neon yang ada di halaman home, terinspirasi dari film Tron. Beberapa background dari aplikasi Movreak untuk Symbian menampilkan pola batik untuk menunjukkan bahwa aplikasi ini asli buatan Indonesia dan dibuat juga oleh perusahaan dan pengembang asal Indonesia.

Untuk menu lainnya, sama seperti aplikasi untuk iPhone, pengguna bisa melihat daftar film yang sedang diputar di bioskop (XXI dan Blitzmegaplex), melihat info lengkap tentang film dengan melakukan klik pada ‘poster’ film, lalu melihat informasi jadwal film serta membagikan aktivitas jadwal nonton ke Twitter dan salah satu fitur yang sangat berguna adalah melihat tempat duduk yang tersedia. Seperti halnya Movreak untuk iPhone, fitur ini hanya menyediakan informasi dari Blitzmegaplex.

Beberapa perbedaan yang dimiliki oleh Movreak untuk Symbian, yang terlihat dari screenshot yang ada adalah tampilan ikon jam yang menunjukkan waktu atau jadwal putar film. Movreak untuk Symbian juga menyediakan fitur untuk menampilkan jadwal film (Now Playing) dalam format daftar atau list-based, yang berisi tidak hanya ‘poster’ film tetapi keterangan tambahan dari film tersebut, seperti judul, sutradara dan aktor yang bermain di film tersebut.

Saya sendiri adalah pengguna Movreak dan cukup terbantu dengan fasilitas yang ada di layanan mereka. Tersedianya aplikasi Movreak untuk pengguna Symbian juga bisa menjadi tambahan pangsa pasar bagi Movreak sendiri, terutama untuk menjawab kebutuhan pengguna ponsel pintar dan menghadapi persaingan aplikasi untuk film seperti BlitzDroid, meski tidak secara langsung bersaing (karena Movreak menyediakan informasi dari tidak hanya dari Blitzmegaplex) namun hal ini memberikan tanda bahwa demand pengguna telah ada, dan kini tinggal bagaimana peluang ini diambil oleh para developer.

Movreak untuk Symbian^3  bisa diunduh di Ovi Store pada tautan ini. Movreak untuk iPhone telah tersedia, Symbian juga, kini kita tinggal menunggu aplikasi Movreak di platform lain.

Oh ya, saran saya untuk mengubah ‘logo’ aplikasi mereka, sepertinya belum dipenuhi. 😀

Dailysocial.id is a news portal for startup and tecnology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter