Mozilla Berencana Hadirkan Fitur Pemblokir Iklan yang Lebih Kuat di Firefox Focus 9.0

Mozilla Berencana Hadirkan Fitur Pemblokir Iklan yang Lebih Kuat di Firefox Focus 9.0

Eksprimen A/B akan dilakukan demi melihat respon pengguna terhadap fitur ini
Ilustrasi Interface Firefox Focus
Ilustrasi Interface Firefox Focus

Iklan kerap menjadi dilema di kalangan penerbit, pengembang browser dan juga vendor iklan. Di satu sisi, iklan bisa mendatangkan benefit bagi pencari informasi, tetapi di sisi lain ketika praktiknya dijalankan secara berlebihan, iklan menjadi perusak pengalaman jejalah internet sehingga kemudian muncullah aplikasi ad-blocker dalam berbagai bentuk dan cara kerja.

Bahkan, kini semakin banyak browser yang menyematkan kemampuan serupa sehingga pengguna tidak harus memasang aplikasi dari pihak ketiga. Seperti yang dilakukan oleh Mozilla yang tengah mempersiapkan Firefox Focus 9.0 build terbaru yang hadir dengan pemblokir iklan bawaan untuk menjauhkan iklan-iklan mengganggu itu.

Sebagai pengingat bagi Anda yang belum pernah mendengar Firefox Focus, ini adalah versi ringan dari browser Firefox standar untuk Android dan iOS, lebih bersahabat untuk sumber daya perangkat dan lebih berfokus pada fitur privasi pengguna.

firefox-focus

Di browser Firefox Focus, kata sandi pengguna tidak disimpan oleh aplikasi, dan aktivitas penelusuran juga tidak dilacak apalagi dicatat oleh Mozilla. Di versi sebelumnya, sejumlah tipe iklan sudah diblokir. Tetapi Mozilla ingin membawanya ke level yang lebih intens, sehingga perbaikan diharapkan dapat memastikan semua iklan diblokir oleh browser. Menurut tiket bug Mozilla baru, fitur pemblokir iklan di Firefox Focus 9.0 dijadwalkan rilis pada 12 Februari 2019.

Untuk memastikan segalanya berjalan baik, Mozilla bakal menjalankan percobaan A/B di mana 50% pengguna akan mengaktifkan semua fitur pemblokiran iklan, sedangkan 50% lainnya akan menonaktifkan pemblokir iklan dan pengaturannya disembunyikan dari antarmuka. Eksperimen ini dirancang untuk melihat apakah fitur pemblokir iklan secara signifikan meningkatkan intensitas dan durasi penggunaan aplikasi.

Sayangnya Mozilla belum bersedia memberikan informasi untuk menjawab berita yang beredar. Jadi, satu-satunya cara untuk memastikannya adalah dengan menunggu hingga fitur tersebut diluncurkan.

Sumber XDA.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…