Dark
Light

Mozilla dan Samsung Bekerjasama Kembangkan Browser Engine Servo

1 min read
April 4, 2013

Samsung sepertinya semakin berusaha melepaskan ketergantungannya terhadap ekosistem Google. Meski selama ini dikenal sebagai produsen terbesar untuk sistem operasi mobile besutan Google, Android, Samsung selama ini juga mengembangkan sistem operasi miliknya sendiri yang bernama Tizen. Tidak berhenti di sana, Samsung juga sepertinya merencanakan untuk melepaskan ketergantungannya kepada Google untuk aplikasi web browser.

Seperti dilansir oleh The Next Web, Samsung belum lama ini mengumumkan kerjasamanya dengan Mozilla untuk mengembangkan sebuah browser engine yang diberi nama Servo. Dikatakan, Servo utamanya dikembangkan untuk mengoptimalkan pemanfaatan arsitektur perangkat yang memiliki prosesor berinti lebih dari satu. Tentunya browser engine ini nantinya akan digunakan sebagai basis bagi aplikasi web browser sungguhan.

Melihat perkembangan perangkat-perangkat ponsel pintar dan tablet yang muncul saat ini, memang penggunaan prosesor berinti ganda atau lebih sudah semakin lazim bagi perangkat untuk bisa disebut paling tidak berada di kelas menengah. Servo sendiri dikatakan akan difokuskan untuk perangkat-perangkat berbasis sistem operasi Android yang menggunakan prosesor berbasis ARM.

Meskipun, langkah Mozilla dan Samsung untuk merilis Servo masih memerlukan waktu yang lama untuk membuahkan hasil. Hal ini mengingat Rust, bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan Servo, sendiri masih dalam tahap awal pengembangan. Samsung dan Mozilla mencanangkan bahwa revisi besar-besaran terhadap Rust akan selesai dalam jangka waktu paling tidak satu tahun ke depan.

 

Sumber: The Next Web. Gambar via.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Story

Sometimes a Bootstrapped New Startup Can Acquire a Larger Competitor

Next Story

Google Rilis Quickoffice untuk iPhone dan Android

Latest from Blog

Don't Miss

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Samsung Beberkan Pentingnya Data di Balik Kesuksesan Galaxy AI

Galaxy AI berbahasa Indonesia dikembangkan dengan modal data yang berkualitas

Galaxy AI Tersedia di Samsung Galaxy S23 FE

Fitur-fitur “assistant” teranyar kini bisa dinikmati pengguna flagship lama termasuk