Mozilla kembali melakukan gebrakan dengan merilis pembaruan Firefox web ke versi 55 yang dijadwalkan mulai tersedia bagi pengguna global pada tanggal 8 Agustus 2017. Bagi yang belum tahu, Firefox 55 ini merupakan versi stabil pertama yang menawarkan dukungan penuh untuk WebVR bagi semua pengguna Windows 64-bit. Bagi yang ingin merasakan pengalaman berselancar via virtual reality, fitur ini akan mengakomodir Anda.

Sedangkan bagi mereka yang tidak punya ketertarikan, tetap punya alasan yang kuat untuk segera mencicipi Firefox 55. Pasalnya, Mozilla telah melakukan banyak sekali peningkatan terutama dalam hal performa, kecepatan muat tab dan halaman serta efisiensi konsumsi memori.

Untuk membuktikan ucapannya, teknisi Mozilla Dietrich Ayala baru-baru ini mempublikasikan sebuah artikel yang menunjukkan bagaimana ia mencoba membuka 1691 tabs di versi Firefox yang berbeda.

Hasilnya, ketika menggunakan Firefox 51, ia membutuhkan 8 menit untuk menjalankan browser dengan semua tab termuat secara bersamaan. Waktu tersebut terus dipangkas oleh Firefox yang lebih baru, sampai saatnya ia menggunakan Firefox 55, waktu yang dibutuhkan turun drastis menjadi hanya 15 detik. Jadi, bisa dibayangkan bagaimana peningkatan yang dihadirkan oleh Firefox 55.

Selain peningkatan kecepatan startup ketika menjalankan tab dalam jumlah banyak, Firefox 55 juga mencetak rekor efisiensi, di mana di versi 52 melahap hingga 2GB memori, dipangkas menjadi kurang dari 500MB di versi 55. Dengan demikian, Firefox 55 kini jauh lebih ramah untuk perangkat yang mempunyai kapasitas RAM yang kecil, atau lebih optimal saat berjalan di perangkat yang berkemampuan lebih baik.

Dukungan WebVR menjadikan Firefox 55 kompatibel dengan headset Oculus Rift dan juga HTC Vive. Hal ini memungkinkan pengembang menciptakan aplikasi virtual reality yang berbasiskan web. Dukungan Chrome for Android, Windows atau Samsung Internet Browser jadi bonus yang makin memanjakan pengguna browser.

Beberapa fitur lain yang juga digulirkan, seperti kemampuan untuk memindahkan sidebar ke sebelah kanan browser, mengambil screenshot laman situs, dukungan custom shortcut untuk OS X dan MacOS, pratinjau cetakan yang lebih sederhana, saran pencarian, dan ketersediaan mesin pencari yang disematkan langsung di location bar.

Sumber berita NewsPedia.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.