Firefox Quantum Sudah Bisa Diunduh, 2X Lebih Ngebut dan Lebih Rapi

Firefox Quantum Sudah Bisa Diunduh, 2X Lebih Ngebut dan Lebih Rapi

Mozilla Firefox Quantum juga punya tampilan home, tab dan ikon baru
Mozilla Firefox 57 - Quantum
Mozilla Firefox 57 - Quantum

Mozilla membayar lunas janjinya beberapa bulan yang lalu untuk menghadirkan versi baru yang jauh lebih cepat, ringan dan aman. Yap, Firefox 57 alias Quantum kini sudah resmi keluar dari fase beta, yang artinya publik sekarang sudah bisa mengunduh browser lengkap dengan sederet fitur dan tampilan barunya.

Jika Anda sudah mengunduh Firefox Quantum, hal pertama yang akan Anda jumpai adalah tampilan browser yang jauh lebih sederhana, bersih dan rapi yang disebut dengan Photon UI. Beberapa perubahan yang dihadirkan antara lain logo yang lebih segar, tab yang diubah dari bundar ke kotak, ikon pengaturan, history dan bookmark baru, tombol home, back, forward yang lebih besar dan mudah terlihat, layar utama yang menampilkan dua bagian dengan ukuran pratinjau yang berbeda dan layout pengaturan yang dirancang sedemikian rupa sehingga mudah digunakan.

Di samping itu, Firefox Quantum juga menghadirkan tiga variasi untuk tema bawaan, tergantung preferensi masing-masing pengguna. Dalam kondisi tertentu, misalnya di malam hari, pengguna bahkan bisa mengatur sendiri tampilan browser sehingga terasa lebih adem di mata. Oh ya, Firefox Quantum sekarang sudah punya fitur screenshot, sehingga Anda tak perlu lagi memasang ekstensi untuk kebutuhan menangkap layar saat menjelajah internet.

firefox quantum screenshot

Berdasarkan benchmark yang dilakukan oleh Mozilla, Firefox Quantum diklaim berjalan 2x lebih cepat ketimbang Firefox 52. Peningkatan performa ini merupakan hasil dari peningkatan arsitektur yang menurut Firefox menggunakan memori 30% lebih sedikit ketimbang Google Chrome. Quantum dibangun dengan mesin render grafis baru “WebRender” dan CSS engine “Stylo” yang secara teknis memroses rendering jauh lebih cepat dan menggunakan multiple CPU secara paralel, kemampuan yang diklaim oleh Firefox tidak akan ditemukan di peramban lainnya.

Penasaran ingin mencoba? Unduh langsung Firefox Quantum dari situs resminya.

Sumber berita Mozilla.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…