1. DScovery

Mozilla Firefox: Pengertian, Sejarah dan Fungsinya

Mozilla Firefox merupakan salah satu web browser paling populer di dunia.

Sebagai pengguna internet, kamu pastinya sudah tidak asing menjelajah internet dengan menggunakan web browser. Web browser merupakan perangkat lunak yang menyediakan segala jenis informasi yang ada di internet. Salah satu contoh web browser yang sering digunakan oleh pengguna internet adalah Mozilla Firefox.

Nah, berikut adalah penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi Mozilla Firefox, yang sudah DailySocial.id rangkumkan untukmu.

Pengertian Mozilla Firefox

Mozilla Firefox merupakan aplikasi web browser yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation. Sama seperti web browser lainnya, Mozilla Firefox juga bisa digunakan di berbagai sistem operasi, baik Windows, Linux, hingga MacOS.

Kepopuleran Mozilla Firefox sebagai web browser tentu saja disebabkan oleh berbagai fitur yang dimilikinya. Mozilla Firefox memiliki tampilan antar-muka yang sederhana, yang tentunya membuatnya nyaman untuk digunakan. Selain itu, Mozilla Firefox juga memiliki Privacy System yang lebih terjamin keamanannya.

Sejarah Mozilla Firefox

Mozilla Firefox dirilis pada tanggal 23 September 2002 oleh Mozilla Foundation beserta anak perusahaannya. Namun sebelum itu, Mozilla Firefox diciptakan oleh Blake Ross dengan nama awal Phoenix, yang kemudian dikenal sebagai Mozilla Firebird.

Pada tanggal 3 April 2003, Yayasan Mozilla menjadikan Mozilla Firefox dan klien sure Thunderbird sebagai fokus utamanya. Setahun kemudian, Mozilla Firefox pun berhasil mendapat sambutan hangat dari media, bahkan sebelum Mozilla Firefox versi 1.0 dirilis.

Kepopuleran tersebut berpengaruh terhadap kesuksesan Mozilla, di mana Mozilla Firefox berhasil mendapatkan hampir 6 juta pengunduh setelah 12 hari perilisan Mozilla Firefox 1.0. Kepopuleran tersebut nyatanya terus diraih hingga Mozilla Firefox berhasil melakukan perbaruan ke versi 7.0 pada tahun 2019 kemarin.

Fungsi Mozilla Firefox

Pada dasarnya, Mozilla Firefox memiliki fungsi yang sama seperti web browser lainnya, yakni sebagai wadah dalam menerima dan menyajikan segala jenis informasi. Namun, ada beberapa fungsi yang menjadi kelebihan dari Mozilla Firefox, yakni:

1. Ad-Blocker

Terkadang, keberadaan iklan ketika hendak membuka suatu situs memang menjengkelkan. Hal inilah yang kemudian diperhatikan oleh Mozilla Firefox. Dengan mempertimbangkan kenyamanan penggunanya, Mozilla Firefox memberikan fitur ad-blocker, yang berfungsi untuk melakukan pemblokiran iklan, sehingga penggunanya bisa melakukan browsing secara nyaman.

2. Private Browsing

Mozilla Firefox memiliki fitur private browsing yang dapat digunakan untuk mengakses situs secara privat. Dengan fitur ini, sejumlah informasi online pengguna, seperti kata sandi, cookies, serta riwayat penelusuran akan otomatis terhapus dari perangkat. Maka dari itu, fitur ini sangat bermanfaat untuk kamu yang sering mengakses di perangkat umum.

3. Ekstensi

Fitur Mozilla Firefox tidak hanya terbatas itu-itu saja, karena Mozilla Firefox menyediakan fitur ekstensi di dalamnya. Ekstensi sendiri merupakan fitur tambahan yang berisi berbagai aplikasi mini yang dapat diinstal dan ditambahkan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Beberapa contoh dari ekstensi, seperti pemblokiran iklan, VPN, video downloader, dan lain sebagainya.

4. Tema

Meskipun Mozilla Firefox memiliki tampilan antar-muka yang sederhana, namun Mozilla Firefox juga menyediakan berbagai tema tambahan yang bisa kamu sesuaikan dengan keinginanmu. Dengan keberadaan tema yang menarik tentunya akan menambah pengalaman browsing-mu.

Itulah penjelasan lengkap mengenai pengertian, sejarah, dan fungsi yang dimiliki oleh Mozilla Firefox. Apakah kamu salah satu penggunanya?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again