Categories

Internet

Mozilla Hadirkan Fitur Video Call di Browser Firefox

Oki Rosgani - 19 January 2015

Mozilla, yang kita kenal melalui salah satu produknya Firefox, belum lama ini melakukan pembaharuan yang cukup signifikan dengan menelurkan versi baru yakni Firefox versi 35 yang memiliki fitur cukup menarik.

Dengan memanfaatkan fitur WebRTC atau Real-Time Communcation, perusahaan software yang berbasis di Mountain View, California, ini telah menambahkan fitur panggilan video yang disematkan pada aplikasi peramban Mozilla Firefox versi 35, fitur baru ini mereka namakan dengan Hello.

Fitur ini memungkinkan pengguna browser Firefox untuk dapat melakukan panggilan suara maupun panggilan video (video calling) dengan pengguna lain, yang juga memiliki dukungan aplikasi WebRTC pada browser-nya.

 

Info menarik: Ini Dia 5 Trailer Video Game Paling Keren

 

WebRTC sendiri merupakan standar terbuka yang diadopsi oleh W3C (World Wide Web Consortium) sebuah konsorsium yang mengatur sistem pengkode-an yang dapat digunakan pada penyusunan halaman web. WebRTC ini dapat sematkan pada halaman web berbasis HTML5, dimana fitur WebRTC ini nantinya memungkinkan bagi sebuah halaman web untuk memiliki fitur panggilan suara dan video saat ditampilkan.

Bagi mereka yang ingin memanfaatkan fitur ini, seperti yang dikutip dari ComputerWorld, harus harus memiliki terlebih dahulu aplikasi browser Mozilla Firefox versi 35 dan memasukkan akun Firefox pada aplikasi peramban versi terbaru tersebut.

Untuk selanjutnya, aplikasi Hello akan mengirimkan tautan melalui e-mail ke lawan bicara dan ketika lawan bicara meng-klik tautan tersebut maka dia akan bisa tersambung dan melakukan telekomuniksi secara real time. Server untuk fasilitas ini dikelola oleh Telefonica.

Sebenarnya fitur serupa ini pun bukanlah hal baru karena sebelumnya pada bulan Oktober tahun lalu perusahaan operator seluler Telefonica telah menghadirkan TokBox, sebuah proyek yang juga memanfaatkan WebRTC yang memiliki fitur yang memungkinkan bagi pengguna browser untuk dapat melakukan dial ke nomor tertentu untuk melakukan panggilan telepon.

Firefox Hello juga dikembangkan dengan kerja sama antara Mozilla dan Telefonica dan mengembangkan teknologi TokBox ini.

 

Info menarik: Memotivasi Anak untuk Terus Aktif bersama Miiya, Smartwatch untuk Anak-Anak

 

Begitu juga dengan Microsoft, perusahaan software raksasa ini juga telah mengumumkan keberadaan fitur komunikasi real time yang kompatibel dengan WebRTC namun memiliki nama berbeda yakni ORTC yang akan mendukung aplikasi Skype agar dapat disematkan pada peramban Internet Explorer versi mendatang. Diikuti oleh perusahaan lainnya yakni Cisco dan Siemens yang juga sama-sama mengembangkan fitur serupa berbasis WebRTC pada HTML5.

Fitur Firefox Hello sebenarnya juga dapat digunakan oleh aplikasi peramban lain seperti Internet Explorer, Chrome atau Opera, asalkan browser tersebut telah mendukung WebRTC dan penggunanya telah menerima tautan yang dibuat secara otomatis oleh aplikasi Firefox Hello.

Jika kita ingin memanfaatkan fitur Firefox Hello, kita bisa mengunduh aplikasi browser Mozilla Firefox melalui tautan berikut ini. Jika sebelumnya Anda telah memiliki aplikasi peramban Firefox dan ingin meng-upgrade-nya, silahkan klik menu Help lalu arahkan ke bagian About Firefox, maka aplikasi Firefox akan secara otomatis meng-upgrade-nya ke versi terbaru.

Sumber: ComputerWorld | Gambar Header: Mozilla.org.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter