12 November 2014

by Oki Rosgani

Mozilla Hadirkan Tayangan Virtual Reality via Web

Mozilla Firefox merupakan salah satu peramban (browser) yang banyak digunakan oleh para pengguna web, browser ini juga baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-10. Ada banyak perubahan dan inovasi yang dilakukannya sehingga Mozilla telah membentuk browser Firefox ini menjadi pesaing kuatbrowser lain yang ada dipasaran saat ini.

Baru-baru ini Mozilla juga telah merilis Firefox untuk para pengembang web bernama Firefox Developer Edition, ini merupakan salah satu upaya yang cukup eksponensial yang dilakukan Mozilla.

Salah satu proyek yang tengah dikembangkannya adalah dengan menghadirkan tayangan Virtual Reality (VR) pada browser, karena seperti kita tahu bahwa kebanyakan website saat ini tidak difungsikan untuk menampilkan konten VR, namun Mozilla telah berhasil melakukannya.

Untuk mendukung proyek tersebut, saat ini pihak Mozilla telah merilis sebuah website yang berlamat di MozVR.com, sebuah website rujukan bagi para pengembang untuk mencoba membuat pengalaman VR.

 

Info menarik: BlackBerry Passport, Smartphone Tercanggih Untuk Pebisnis, Mendarat di Indonesia

 

Nantinya pengguna kacamata VR Oculust Rift dapat mengakses halaman tersebut dan menikmati tampilan efek VR. Saat tulisan ini kami buat, teknologi dan beberapa fitur yang ada dalam situs MozVR.com memang masih dalam versi demo, namun dalam waktu dekat Mozilla akan memanjakan para pengguna Oculus Rift untuk bisa mengakses situs secara lebih interaktif.

Fitur web dengan efek VR ini akan lebih menarik saat pengunjung mengakses konten web yang menampilkan tayangan foto dengan efek 360 derajat atau tampilan museum/tempat-tempat virtual lainnya karena efek dan pengalaman mengunjungi sebuah web dengan konten tersebut bisa menjadi lebih atraktif.

Menariknya, pihak Mozilla juga telah membukasource code bagi siapa saja yang ingin membuat halaman web dengan efek VR ini. Melalui tool aplikasi yang bisa diunduh melalui halaman pengembang Firefox Developer Edition.

Sumber: Engadget | Gambar Header: MozVR.com