Categories

Misc

Mozilla Kembangkan Bot untuk Memberikan Rekomendasi Resep Masakan Berdasarkan Isi Dapur

Kemungkinan bakal mengandalkan image recognition untuk mengidentifikasi bahan-bahan makanan yang dimiliki pengguna

Glenn Kaonang - 2 August 2016

"Malam ini makan apa," mungkin adalah pertanyaan yang sering kita tujukan kepada pasangan masing-masing. Namun di mata Mozilla, bukan tidak mungkin nantinya pertanyaan tersebut kita lontarkan kepada sebuah bot.

Perusahaan yang bertanggung jawab atas salah satu browser terpopuler tersebut sedang mengembangkan sebuah bot dengan misi membantu memberikan rekomendasi resep masakan berdasarkan bahan-bahan yang pengguna miliki. Proyek bernama Smart Kitchen tersebut saat ini masih sebatas tahap validasi, namun ada beberapa hal menarik yang bisa kita soroti.

Ada beberapa ide yang Mozilla berikan terkait Project Smart Kitchen, utamanya dalam mengenali bahan-bahan makanan yang ada di dapur. Ide yang pertama memanfaatkan teknologi image recognition, kemudian ada pula yang mengusulkan dengan barcode, tag RFID, hingga Optical Character Recognition (OCR), semuanya untuk mengidentifikasi sekaligus memanajemen isi dapur.

Tujuan akhirnya tentu saja untuk menjawab pertanyaan tadi, tapi di saat yang sama, Project Smart Kitchen juga bermisi mengoptimalkan bahan-bahan makanan yang dimiliki dan mengurangi potensi bahan yang terbuang.

Sebagai sebuah bot, kecerdasannya akan meningkat waktu demi waktu, sampai akhirnya bisa merekomendasikan resep yang ideal dengan waktu yang dimiliki pengguna, keahlian memasak, selera sampai parameter khusus seperti jenis alergi.

Mozilla rencananya bakal bereksperimen dengan ide-ide yang mereka berikan tadi. Sejauh ini asumsi mereka teknologi image recognition bisa dimanfaatkan untuk mengidentifikasi beberapa persen isi dapur secara akurat. Perangkatnya seperti apa masih belum diketahui, dan Mozilla belum mengungkapkan rencana lebih mendetail mengenai Project Smart Kitchen.

Sumber: Digital Trends dan Mozilla Wiki. Gambar header: Pixabay.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter