Categories

Internet

Demi Firefox, Mozilla Berencana Lepas Thunderbird ke Pihak Ketiga?

Dalam catatan petingginya diketahui Mozilla menjajaki pemisahan Thunderbird dari pengembangan Firefox atau menerima rekanan lain agar dapat fokus ke pengembangan Firefox

Bambang Winarso - 2 December 2015

Menyusul merosotnya penggunaan Firefox di pasar peramban akibat dari makin populernya Microsoft Edge dan Google Chrome, Mozilla berencana mengambil langkah radikal untuk mengalihkan fokus pada pengembangan Firefox dan memisahkan pengembangan Thunderbird atau mungkin membiarkan pihak lain mengambil alih pengembangannya.

Rencana Mozilla ini terungkap dalam sebuah catatan yang ditulis oleh Mitchell Baker, selaku Executive Chairwoman di Mozilla Foundation dan Mozilla Corporation. Menurutnya, Thunderbird mempunyai kesempatan yang besar untuk berkembang bila memisahkan diri dari ketergantungan pada pengembangan Mozilla.

Thunderbird merupakan salah satu klien emailopensource yang cukup populer di dunia, ia dikembangkan pada tahun 2004 dan dinyatakan mati suri pada tahun 2012. Dengan statusnya yang “tak jelas” tersebut, praktis Thunderbird tidak pernah mendapatkan fitur tambahan baru selain dari tambalan keamanan walaupun tak dihentikan secara resmi oleh Mozilla.

Dalam catatannya, Baker juga mengatakan pihaknya belum yakin langkah apa yang akan diambil atas Thunderbird, namun dirinya tak menutup adanya kemungkinan membiarkan pihak lain mengajukan diri untuk mengambil alih produk. Namun pemisahan pengembangan Thunderbird menjadi entitas yang terpisah saat ini masih menjadi opsi yang paling mungkin dilakukan.

Apapun langkah yang diambil oleh Mozilla untuk Thunderbird, yang terpenting saat ini mereka harus mengerahkan segenap kekuatan untuk memperkuat posisi Firefox. Kebutuhan ini dianggap sebagai yang paling mendesak, mengingat Microsoft kian agresif mematangkan Edge.

Sumber berita Slashgear.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id