10 October 2017

by Bambang Winarso

Mozilla Uji Browser Baru, Firefox Rocket Eksklusif untuk Indonesia

Mozilla Firefox Rocket saat ini sudah tersedia di Google Play Store

Mozilla sepertinya sedang rajin melakukan eksperimen untuk mendapatkan produk yang paling baik. Setelah melahirkan Firefox Quantum dan Focus, Mozilla kembali meluncurkan peramban web yang diklaim lebih ringan dan cepat bernama Firefox Rocket. Berlabel Unreleased, Firefox Rocket disebut dirancang khusus untuk Indonesia yang dinilai masih memiliki problema ketersediaan jaringan yang merata.

Konsep dari Firefox Rocket hampir sama dengan aplikasi versi lite yang lebih dulu ada, seperti Facebook Lite, Messenger Lite, Twitter Lite dan lain-lain. Aplikasi secara khusus dirancang untuk bekerja lebih optimal di jaringan data yang kurang memadai. Mozilla menyematkan fitur Mode Turbo yang akan meningkatkan performa aplikasi saat digunakan, baik ketika berselancar atau mengunduh berkas dari internet. Dengan konsep itu, maka Firefox Rocket sangat cocok untuk perangkat dengan ruang simpan yang terbatas karena ukurannya yang relatif kecil.

Firefox Rocket juga dilengkapi dengan fitur untuk memblokir iklan dan menghentikan script pelacak yang berpotensi melanggar privasi pengguna. Bahkan jika diinginkan, pengguna dapat menghentikan aplikasi untuk mengunduh gambar yang secara otomatis mempercepat pemuatan halaman.

Di sisi interface, Firefox Rocket menyajikan tampilan yang ringkas. Di aplikasi ini pengguna tidak akan menemukan fitur untuk memuka tab baru. Tapi sebagai gantinya, Mozilla menyertakan fitur penyimpanan seluruh halaman sehingga isi situs bisa dibaca lagi nanti ketika senggang. Ada juga opsi mengunduh berkas ke memori eksternal sehingga memori internal praktis hanya untuk menampung cache dan semacamnya.

Jika Anda ingin terlibat dalam fase pengujian Firefox Rocket, bisa mengunduh aplikasi dari Google Play Store sekarang juga.

Application Information Will Show Up Here

 

Sumber berita Facebook dan AndroidPolice.