MrSpeedy meramaikan industri logistik dengan mengusung layanan pengiriman barang sampai di hari sama (same day delivery service) untuk mendukung bisnis e-commerce di Indonesia.

“Kami percaya persaingan yang memanas di layanan e-commerce di Indonesia akan memaksa mereka untuk mengedepankan layanan pengiriman dari pengiriman hari berikutnya ke hari yang sama. Pengiriman logistik barang sampai di hari yang sama adalah fokus utama bisnis kami,” ucap COO MrSpeedy Indonesia Ken Suriafur kepada DailySocial.

Dia melanjutkan, MrSpeedy sengaja memilih Indonesia sebagai negara pertama yang disinggahi di kawasan Asia Tenggara. Secara global, MrSpeedy sudah hadir di beberapa negara dengan brand yang berbeda.

Misalnya, Dostavista (Mexico dan Rusia), Click Entregas (Brazil), WeFast (India), Quickers (Korea Selatan), dan Tanzhida (Tiongkok). Tahun ini, MrSpeedy akan melanjutkan ekspansi berikutnya ke Filipina, Vietnam, dan Thailand.

Untuk mendukung fokus perusahaan, sambung Ken, MrSpeedy memastikan klien dapat dengan mudah melacak pengiriman dalam platform dan menghubungkan mereka dengan kurir dalam hitungan menit. Tak hanya itu, perusahaan juga memastikan kualitas kurir yang bergabung memiliki kompetensi yang baik dengan memberikan pelatihan. Sebagai contoh cara menyapa yang konsumen dan cara berpakaian yang sopan.

Enam bulan sejak peluncuran di Indonesia atau kurang lebih pada September 2017, MrSpeedy terhitung telah memiliki 30 ribu tenaga kurir. 70% di antaranya mengendarai sepeda motor dan sisanya city car, pick up, dan van.

Rencananya MrSpeedy akan meluncurkan aplikasi mobile untuk pengguna dalam waktu dekat dan menargetkan dapat menggaet 100 ribu kurir.

Model bisnis MrSpeedy

MrSpeedy menyasar pelaku usaha yang bergerak di skala UKM sebagai pengguna dengan fokus pengiriman di area Jabodetabek. Untuk armada pengirimannya, pengguna dapat memilih lima armada, mulai dari motor, city car, van, pick up, dan small box.

Pengguna dapat melakukan order melalui situs MrSpeedy, menghubungi consumer service, atau pesan singkat via WhatsApp. Dalam pengirimannya, perusahaan memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk auto routing mencari rute terbaik agar paket terkirim dengan segera.

Pengguna akan menerima notifikasi via SMS untuk setiap progress yang telah diselesaikan kurir. Konsumen bisa melacak progress pengiriman secara real time. Beberapa pengguna yang telah menggunakan jasa MrSpeedy adalah perusahaan di segmen florist, f&b, dokumen kantor, ritel fesyen, dan printing.

“Ke depannya kami berencana untuk menggandeng perusahaan marketplace dan menyediakan teknologi kami agar bisa mereka pakai,” pungkas Ken.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.