Gadget

MSI Benamkan GPU Dekstop High-End ke Laptop Gaming GT72S Anniversary Edition

Beberapa saat lalu Nvidia mengkonfirmasi sebuah hal yang berpotensi mengubah jalan industri gaming PC selamanya: sang perusahaan teknologi Santa Clara itu menemukan cara untuk menyematkan GPU dekstop ke laptop. Dan mungkin Anda sudah tahu, MSI tidak mau ketinggalan, mereka segera membekali produk high-end dengan teknologi baru tersebut.

MSI mengklaim bahwa mereka merupakan brand pertama yang meluncurkan notebook berperforma sekelas PC dekstop, terlepas dari kehadiran tiga tipe Alienware plus Graphics Amplifier dan Asus RoG GX700VO. Namun MSI tidak sepenuhnya keliru, karena komponen kartu grafis memang benar-benar berada dalam laptop dan tidak terpisah. Sebagai langkah awal, mereka bubuhkan GPU Nvidia GeForce GTX 980 ke GT72S Dominator Pro G edisi ulang tahun ke-29.

Dari segi penampilan, hanya ada sedikit perbedaan antara GT72S Anniversary Edition dan varian standard (terdapat logo naga Gaming G di kanan palm rest). Nvidia berhasil memperkecil jarak ukuran antara GPU desktop dan laptop, tanpa penambahan ketebalan yang signifikan. Secara keseluruhan, tidak ada perubahan pada kiblat desain ala supercar. Ukuran panel dan resolusi layar juga masih sama, yaitu IPS full-HD 17,3-inci 75Hz ditambah G-Sync.

Yang paling menarik buat saya adalah ketika kartu grafis high-end tersebut bertemu prosesor Intel Core 'Skylake' i7-6820HK. MSI memperkirakan, kinerja overclock melalui 3D Mark 11 sanggup melampaui skor 14.500 - setara PC desktop bersenjata GTX 980. Dengan begitu, secara teori sangat mungkin bagi kita untuk menikmati game di resolusi 3K hingga 4K.

Info menarik: Nvidia Bawa GPU Versi Desktop ke Gaming Notebook

Spesifikasi lainnya saya rasa tidak berbeda dari Dominator Pro G biasa. Ada empat slot RAM DDR4-2133 hingga 64GB, penyimpanan berbasis teknologi Super Raid 4, dipadu Blu-ray Writer, fitur audio high fidelity ESS Sabre DAC, network Killer Doubleshot Pro plus Shield, software Nahimic Audio Enhancer dan Shift Technology di mana Anda bisa overclock hanya dengan men-switch ke profile Sport.

Seperti keluarga top-end gaming notebook MSI lain, GT72S Anniversary Edition sudah beralih ke USB 3.1 Type-C, dibantu konektivitas Bluetooth 4.1, Wi-Fi, port LAN, fast charger, serta empat colokan audio in dan out. MSI tak lupa membundelnya bersama sistem operasi Microsoft Windows 10.

"Kemampuan-kemampuan eksklusif MSI tersebut menyuguhkan pengalaman gaming lebih baik dan juga performa lebih tinggi untuk gamer yang selalu mencari produk terbaik," tulis sang produsen Taiwan itu.

MSI masih 'malu-malu' memberi informasi soal harga, tapi saya yakin GT72S Limited Edition sanggup menguapkan sebagian besar isi tabungan Anda.

Sumber: MSI.com. Selain header, gambar lainnya ialah GT72S 6QE biasa.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter