6 January 2015

by Yoga Wisesa

MSI GT80 Titan, Notebook Gaming Tercanggih Berspesifikasi Monster

Saat pertama diungkap, MSI GT80 Titan ialah sebuah pemandangan tak biasa. Ia anggun namun di satu sisi tampak buruk rupa, ia membawa konsep gaming masa depan tetapi dibuat berbasis dasar ortodoks. Bagaimana tidak, GT80 adalah laptop gaming monster yang menyajikan fitur gila seperti SLI dan keyboard mekanik khusus bagi gamer paling antusias.

Salah satu fitur pemecah rekor di GT80 sebenarnya sudah mulai disebut-sebut dalam acara Computex Taipei 2014. Pertanyaan terbesarnya telah diajukan: mungkinkah keyboard mekanik hadir dalam notebook? MSI menyanggupinya. Dan di awal bulan November tahun lalu, akhirnya kita tahu ia diperkenalkan dengan panggilan Titan, ditunjuk sebagai pemegang hiearki tertinggi di jajaran produk notebook milik produsen asal Taiwan itu.

Ternyata keyboard mekanik hanyalah satu dari banyak kecanggihan GT80 Titan. Bersama brand-brand familiar lain, MSI merupakan produsen pertama yang mengadopsi chip grafis mobile paling baru buatan Nvidia. Untuk Titan, mereka tak cuma menyematkan sebuah GPU, tapi sepasang unit proses grafis dibantu teknologi SLI. MSI berharap racikan ini dapat 'menyuguhkan performa desktop sejati bagi mereka yang menginginkan setting maksimal di tiap game.'

Sejauh ini, kelemahan produk MSI terletak pada proses pembuangan panas. Mereka berhasil membuat formula baru di seri GT70 dimana palmrest tetap dingin, tapi sayang teknologi tersebut belum dapat diterapkan pada model-model lebih tipis semisal seri GS60. Untuk itu, MSI mengusung solusi delapan pipa pendingin, dan masing-masing GPU mempunyai rangkaian pipanya sendiri.

 

Info menarik[Review] Ultrabook Gaming MSI GS60 2PE Ghost Pro

 

Tak tanggung-tanggung, Titan dipersenjatai dua buah GPU mobile Nvidia paling canggih, GeForce GTX 980M. Hardware itu dipadu prosesor Intel Core i7-4720HQ berkecepatan 2,6GHz sampai 3,6GHz via Turbo Boost, layar full-HD 18,4-inci anti-reflective, RAM 16GB, kombinasi dua SSD M.2 SATA 128GB RAID 0 ditambah hard disk 1TB, Blu-ray disc burner, teknologi LAN/WLAN Killer dan lain-lain.

Layout penempatan keyboard dan tombol juga tidak biasa. Sistem mekanik Titan memanfaatkan switch Cherry MX Brown garapan SteelSeries. Tiap tombol memiliki switch terpisah sehingga hanya sedikit ruang tersisa di bawahnya. Strategi MSI ialah menarik keyboard sedikit lebih jauh agar ada ruang luas di antara base monitor dan papan ketik. Di sanalah mereka meletakkan dua buah GPU GeForce GTX 980M-nya.

Bagian palmrest dipisah. Dan jika Anda lihat ke kanan, ada sedikit polesan apik diambil MSI: keypad tersaji secara touchscreen digital. Titan dirancang agar mudah di-upgrade, dan penutup panel komponen bisa dibuka dari atas. Uniknya ia lebih ringan dibanding penampilan bulky-nya, tetap jauh lebih mobile dibanding PC-PC desktop small form factor ketika dipakai ber-LAN party.

Sayang harganya 'sedikit' di luar kemampuan kebanyakan gamer. MSI GT80 Titan dibanderol di kisaran US$ 3400.

Sumber: MSIComputer.com.