13 June 2014

by Yoga Wisesa

MSI Mengajak Anda Memilih Notebook yang Tepat Sebagai Investasi Hiburan Jangka Panjang

Sebuah konsep telah tertanam di benak kita semua yang menyatakan bahwa PC gaming adalah hobi yang menuntut banyak biaya, bahwa notebook gaming merupakan barang mewah. Tapi tahukah Anda, memilih produk notebook gaming yang tepat bisa menjadi investasi untuk fungsi hiburan dan juga produktif?

Jika Anda memang sedang mencari produk notebook, sekarang bisa dibilang adalah saat yang tepat. Begini alasannya, home console next-gen sudah dirilis berbulan-bulan lalu. Kini PC mendapatkan komponen yang beberapa generasi lebih baru. Hal tersebut memiliki hubungan erat dengan para developer game blockbuster multiplatform.

Biasanya dalam menciptakan game sejenis ini, developer menggunakan platform dengan performa hardware paling rendah sebagai patokan. Kemudian dari sana mereka akan menyesuaikan tingkat visual dan performa game untuk platform yang lebih canggih. Dengan chip Jaguar yang memiliki arsitektur mirip PC, proses pembuatan dan porting game menjadi lebih mudah.

Kini bahkan memilih notebook kelas mainstream-pun memberikan Anda kemampuan gaming yang tidak kalah dibandingkan home console. Dalam satu dua tahun, Anda bisa tetap memainkan game blockbuster dengan performa cukup memuaskan, dengan syarat Anda tidak keberatan untuk mengutak-atik konfigurasi setting grafis.

 

Info menarik: Menjelajah Kantor Pusat MSI, Menguak Rahasia Kesuksesan MSI Sebagai Brand Gaming Global

 

Namun kita sadar bahwa notebook bukanlah benda yang murah. Ada banyak tipe low-end jika Anda hanya menggunakannya untuk mengetik dan menjelajahi internet. Tapi kita tahu bukan hanya fungsi seperti itu saja yang diinginkan para pengguna notebook. Setidaknya, jika kita memiliki laptop baru, kita ingin bisa memainkan berbagai judul game baru pula.

Dan di sinilah MSI mencoba menawarkan produk notebook gaming mereka. Jangan biarkan kata 'gaming' mengecoh persepsi Anda, karena MSI telah merancang sedemikian rupa agar fungsi produktif juga bisa Anda dapatkan dengannya. Dalam artikel ini, saya akan membahas model notebook MSI gaming dari kelas paling dasar dan apa manfaatnya untuk Anda.

Walaupun merupakan produk entry-level di lini gaming, notebook seri GP dengan dua pilihan ukuran - GP60 Leopard dengan layar 15,6-inci dan GP70 Leopard berlayar 17,3-inci - menawarkan solusi terbaik notebook kerja berkemampuan gaming. Ia sempurna untuk menjalankan aplikasi profesional seperti PhotoShop dan Illustrator, tapi tetap memiliki semua fitur dan fungsionalitas gaming (Killer LAN, keyboard SteelSeries, teknologi Audio Boost hingga Creative Sound Blaster).

Seri GP juga ditujukan pada casual gamer yang memilih game-game ber-genre racing hingga The Sims. Walau begitu, Anda tetap bisa menjalankan game-game kompetitif seperti League of Legends, StarCraft II dan Dota 2. Ia ditenagai prosesor Intel Core i7 (atau i5) Generasi ke-empat, 16GB RAM dan kartu grafis Nvidia GeForce GTX 840M.

 

Info menarik: Menilik Tablet Baru Besutan MSI, Primo 82 dan Primo 83

 

Tipe selanjutnya menawarkan perbandingan harga dan performa terbaik. MSI menamainya dengan seri GE. GE ditawarkan dalam beberapa model berbeda: GE40 Dragon Eyes, GE60 2PL Apache, GE70 2PL Apache, GE60 Apache dan GE70 Apache (Semakin ke kanan, hardware-nya semakin canggih). Fakta bahwa seri GE memiliki jenis berbeda mempermudah konsumen untuk memilih spesifikasi yang cocok untuk mereka.

GE ditujukan bagi mereka yang cukup serius dalam hobi ber-gaming - konsumen yang menginginkan performa walau dihadang keterbatasan biaya. Untuk itu MSI membekali Anda dengan prosesor Intel Core Generasi ke-empat, i5 atau i7, RAM hingga 16GB, dan kartu grafis antara Nvidia GeForce GTX 850M atau GTX 860M.

Naik satu level lagi, MSI menyiapkan seri GS. Notebook di kelas ini ditujukan pada gamer sekaligus desainer dan teknisi profesional. Anda mendapatkan hardware yang bertenaga, namun dibungkus dalam tubuh yang sangat tipis. Mungkin banyak orang mengklaim hal yang sama, tapi tipe GS boleh dibilang sebagai notebook tertipis pertama di dunia yang menyulut konsep ultrabook gaming.

MSI GS juga merupakan salah satu notebook tipis pertama yang dibekali oleh chip grafis mobile terbaru Nvidia, GeForce GTX 870M, walaupun Anda bisa memilih varian ber-GTX 860M-nya. Ia juga menyimpan proseseor Intel Core i7 yang lebih canggih dan RAM antara 16GB hingga 32GB. Keluarga GS terdiri dari GS60 2PL, GS60 Ghost, dan GS70 Stealth, model terakhir ini yang menjadi favorit saya.

Di posisi puncak, Anda akan bertemu dengan kelas GT. Mungkin sebelumnya Anda sudah pernah mendengar seperti apa kemampuannya, GT ditawarkan dalam dua model, GT60 dengan layar 15,6-inci dan GT70 berlayar 17,3-inci.

 

Info menarik: Mengenal Lebih Dekat Fitur-Fitur di Notebook Gaming MSI

 

Masing-masing GT memiliki dua buah varian, Dominator dan Dominator Pro. Jika Dominator dipersenjatai GPU Nvidia GeForce GTX 870M, maka Dominator Pro ditenagai oleh kartu grafis mobile terkuat yang bisa Anda temukan saat ini: GTX 880M.

GT ditujukan bagi Anda yang tidak mau berkompromi soal performa, dan menginginkan pengalaman gaming terbaik. Ia dapat melahap berbagai macam permainan terbaru dengan setting tertinggi. Siapa saja yang kira-kira akan mendapatkan manfaat dari MSI GT? Mereka adalah para atlet eSport, reviewer hingga broadcaster game profesional. Dan dengan kemampuan hardware-nya, Anda juga bisa menggunakan GT sebagai PC semi-workstation.

Sekali lagi, memilih notebook yang tepat saat ini merupakan investasi terbaik yang bisa kita lakukan untuk beberapa tahun mendatang. Kini Anda tinggal menghitung budget dan menentukan mana yang paling sempurna untuk Anda.

Bahkan jika di waktu ke depan, mungkin empat lima tahun lagi, kemampuan gaming-nya mulai menurun, Anda tetap memiliki sebuah perangkat kerja mobile bertenaga, nyaman, fungsional dan dapat diandalkan.