9 October 2017

by Yoga Wisesa

MSI Perkenalkan Dua Gamepad Pertama Mereka, Force GC20 dan GC30

GC20 dan GC30 mempunyai desain serta spesifikasi serupa, perbedaan hanya terletak pada konektivitas.

2017 tampaknya jadi tahun bagi MSI dalam menyeriusi gaming gear. Sejumlah keyboard mekanik mereka perkenalkan di CES, lalu sang produsen hardware PC asal Taiwan itu belum lama juga melepas headset serta mouse gaming high-end. Tapi upaya ekspansi mereka ke sana belum usai. Minggu lalu, terdengar sebuah kabar gembira bagi Anda yang tak terbiasa menggunakan keyboard dan mouse untuk menikmati game.

Micro-Star International resmi memperkenalkan dua varian gamepad, dinamai Force GC20 dan GC30. Baik GC20 maupun GC30 didesain sebagai controller multi-platform, yang berarti dapat kompatibel ke PC, perangkat Android, dan 'console game populer'. Mereka berdua terlihat hampir identik, perbedaannya hanya terletak pada konektivitas dan warna.

Force MSI GC30 bisa tersambung ke sistem gaming secara wireless, sedangkan GC20 masih memanfaatkan kabel. Agar mudah membedakannya, MSI membubuhkan warna merah di bawah thumb stick model GC30 (di GC20, area tersebut berwarna hitam). Mereka berdua dibekali kabel yang dapat dilepas, tersedia pilihan sepanjang 2-meter dan 30-sentimeter, sempurna jika Anda ingin bermain game mobile.

Gamepad Force GC30 dan GC20 mengadopsi arahan desain controller Xbox, baik pada bentuk tubuh maupun layout tombol dan stik analog. Hal ini mengindikasikan keinginan MSI agar produk tersebut bisa mudah diterima gamer, tanpa membebani penggunanya dengan proses adaptasi yang berkepanjangan. Tentu saja, kedua perangkat telah mengusung branding baru sang produsen - ada logo perisai naga di antara tombol Back dan Start.

 

Di sisi depan, Anda disuguhkan directional pad di area jempol kiri and empat action button (X, Y, A, B) di kanan. Lalu thumb stick diposisikan secara asimetris: bagian kiri di atas D-pad, dan stick kanan di bawah action button. Selanjutnya, GC20 dan GC30 turut dibekali dua pasang tombol trigger. Jika menghitung Back dan Start, gamepad memiliki tidak kurang dari 14 tombol. Dan uniknya lagi, Anda bisa mengganti cover D-pad dengan jenis cakram ala Xbox One Elite Controller - terpasang via magnet.

GC20 dan GC30 juga dilengkapi motor penggetar ganda. MSI menamainya asymmetric somatosensory vibration motor, dimaksudkan untuk 'memperkaya pengalaman gaming dengan menambah dimensi sensor input'. MSI menjamin gamepad-gamepad ini sanggup menyuguhkan keakuratan tinggi, memudahkan Anda membidik lawan di game, tak lupa dipersenjatai switch yang nyaman dan tahan lama. Khusus GC30, baterai built-in di dalam siap menghidangkan sesi gaming selama delapan jam.

MSI berencana untuk memasarkan gamepad Force GC20 dan GC30 di triwulan keempat tahun ini. Harga produk belum diketahui, tapi kemungkinan tak akan jauh dari controller Xbox One.

Via Hexus.