9 February 2016

by Yoga Wisesa

MSI Perkenalkan Notebook Gaming 17-Inci Bersenjata GTX 970M Tertipis di Bumi

Dengan ketebalan hanya 19,9-milimeter, kabarnya tidak ada lagi notebook 17,3-inci berkartu grafis Nvidia GeForce 970M yang lebih ramping dari GS72 Stealth Pro.

Apapun fitur dan gimmick-nya, keseimbangan antara performa hardware ala PC desktop dan mobilitas menjadi aspek dasar dalam perancangan notebook gaming ideal. Baik perusahaan lokal maupun brand global, keluarga ultrabook gaming kini merupakan elemen krusial yang turut memperkuat jajaran produk mereka. Dan MSI baru saja meng-update lini tersebut.

Dideskripsikan sebagai 'definisi baru notebook ramping', Micro-Star International memperkenalkan MSI GS72 Stealth Pro. Ia adalah inkarnasi dari seri GS70, namun sang produsen Taiwan ini tak cuma menerapkan pembaruan pada hardware. Aspek desain turut memperoleh perhatian serius. Alhasil, GS72 Stealth Pro terhitung 9 persen lebih tipis dari GS70 serta jauh melampaui notebook-notebook kompetitor di kelasnya.

Seperti para pendahulunya, penampilan GS72 Stealth Pro berkiblat pada rancangan mobil muscle, diimplementasikan berupa garis menonjol di bagian lid. Lalu chassis-nya diselimuti material logam brushed. MSI menjelaskan, GS72 'menyempurnakan gaya elegan dan stylish para pebisnis yang juga hobi ber-gaming'. Jika Anda sangat teliti, GS72 Stealth Pro mungkin bukanlah laptop gaming paling tipis, tapi MSI mempunyai alasan atas klaim mereka.

MSI menyampaikan bahwa dengan ketebalan hanya 19,9-milimeter, tidak ada lagi laptop gaming 17,3-inci berkartu grafis Nvidia GeForce 970M yang lebih ramping dari GS72. Panel itu juga bukan display sembarangan, produsen mencantelkan layar 4K ber-kalibrasi warna 100% Adobe RGB dan standar NTCS 100%. Selain gamer, setup ini dipakai demi memanjakan para desainer grafis dan fotografer.

Selain kartu grafis mobile dari Nvidia itu, MSI membenamkan hardware high-end dan fitur-fitur familier khas produk notebook gaming mereka. GS72 Stealth Pro dipersenjatai prosesor Intel Core i7-6700HQm, RAM DDR4 dua slot sampai 32GB, penyimpanan M.2 PCIe/SATA combo SSD plus hard drive 1TB, ditenagai baterai 6-cell. Di sana tersedia dua buah port USB 3.1, sepasang USB 3.0, HDMI 1.4, Mini DisplayPort 1.2, card reader, tanpa kehadiran optical disk drive.

Buat mendukung kinerja gaming, tersuguh keyboard dari SteelSeries dipadu app SteelSeries Engine. Kemudian untuk menjamin kelancaran kompetisi online, MSI mengusung Killer DoubleShot Pro dan Killer Shield. Pernak-pernik krusial lainnya meliputi chip audio DAC ESS Sabre Hi-Fi, speaker Dynaudio, software Nahimic Audio Enhancer, dan tidak lupa bundel SXplit Gamecaster Version 2.

MSI memang belum mengungkap harga GS72 Stealth Pro, namun Anda disajikan tiga opsi GPU (GTX 970M, 965M atau 960M) dan dua tipe panel (4K atau full-HD).

Sumber: MSI.com.