3 April 2014

by Yoga Wisesa

MSI ProBox23 Adalah PC Barebone Mini-ITX Pertama Mereka

Satu hal yang bisa kita pelajari dari industri PC adalah industri ini tidak bisa diremehkan.

Awalnya analis memperkirakan bahwa fungsi PC akan makin tersingkir oleh meningkatnya penggunaan tablet, tapi PC sendiri berubah semakin matang hingga kita tiba di sebuah era bernama PC+ dimana komputer kini diciptakan dalam berbagai model dan fungsi khusus, serta fleksibilitas tinggi.

MSI, produsen PC dan komponen asal Taiwan mengerti betul hal tersebut. Mereka telah beralih dari sekedar menjadi pemasok hardware menjadi produsen PC sejati. Berbagai jenis komputer telah mereka rilis: All-in-One, gaming notebook, hingga PC barebone. Dan kali ini MSI meluncurkan komputer barebone dengan desain Mini-ITX pertama mereka, MSI ProBox23.

 

Info menarik: Dua MSI Adora Terbaru Adalah PC All-in-One Tertipis di Kelasnya

 

Dengan dimensi mungil berukuran 202x204x54.8 milimeter, saya semakin penasaran mengapa MSI tidak berpartisipasi dalam proyek Steam Machines yang dipionirkan Valve. Namun setelah berbicara dengan representasi MSI, mereka masih ingin fokus pada produk notebook dan AiO gaming. Sedangkan ProBox23 sendiri dirancang khusus untuk keperluan multimedia dan enterprise ringkas.

Dua hal yang menjadi konsep utama MSI dalam menciptakan ProBox23 adalah performa yang tinggi namun disajikan dalam kemasan yang kecil untuk menghemat tempat. Dengan ukuran lebih kecil dari home console, ProBox23 bisa Anda tambatkan di dinding atau 'disembunyikan' di belakang monitor ataupun televisi.

Walaupun mungil, ProBox23 ditenagai oleh hardware-hardware terbaru. Anda bisa memilih varian dengan chip Intel Core i3, i5 ataupun i7. Dan pengguna tidak perlu khawatir bahwa bentuknya yang kecil akan mempercepat akumulasi panas pada PC Mini-ITX ini. MSI telah membekalinya dengan sistem cooler efisien yang dirancang khusus untuk CPU dengan TDP (thermal design point) 64 Watt.

Sistem cooling ini bekerja dengan cerdas untuk menjaga CPU tetap sejuk tanpa mengeluarkan suara yang bising, serta memastikan tidak ada kompromi dalam performa.

Di dalam ProBox23, MSI menambatkan motherboard buatan mereka sendiri, MSI H81TI. Hardware ini menggunakan komponen-komponen Military Class 4 - yang tentu saja dengan tingkat ketahanan kelas militer. Dengan begitu ia dapat berjalan stabil bahkan di tempat-tempat berkondisi ekstrim sekalipun.

Dengan memiliki ukuran volume 2,3 liter, Anda tidak boleh meremehkan segi konektivitas ProBox23. PC ini mempunyai port mSATA, mini PCI-E, HDMI, dua pasang jack audio di bagian depan dan belakang, empat buah port USB 2.0 di bagian depan, dua buah USB 2.0 di belakang dan sepasang USB 3.0 di bersebelahan dengannya.

 

Info menarik: GOG Akan Segera Hadirkan Permainan Klasik PC di Linux

 

MSI menjelaskan bahwa performa hardware ProBox23 dengan ukuran volume 2,3 liter mampu menyaingi PC jenis tower ATX dengan volume 30 liter - efisiensi inilah yang sangat dibanggakan oleh mereka. Dan untuk menelaah lebih jauh, Anda bisa lihat spesifikasi lengkapnya di bawah ini.

Sang produsen Taiwan itu belum mengumumkan harga ProBox23 dan kapan ia tersedia di pasar global. Saya berasumsi bahwa mereka akan merilisnya dalam waktu dekat. Karena diusung dengan konsep barebone, PC ini dijual tanpa periferal mouse dan keyboard, serta monitor.

Sumber gambar: MSI.com.