Categories

Game

MSI Pubstomp The International 2017 Dota 2 Jakarta Pecahkan Rekor Keseruan Tahun Lalu

MSI wajib melangsungkan acara seperti ini tahun depan...

Yoga Wisesa - 14 August 2017

Dengan mengadakan acara nonton bareng sesi akhir turnamen The International 2016, MSI sebetulnya tidak berupaya memecahkan rekor atau mengumpulkan penonton sebanyak-banyaknya. Mereka hanya mencoba memberikan alternatif acara gathering yang lebih nyaman. Namun kesuksesan event itu sepertinya mendorong sang produsen hardware gaming buat melangsungkannya kembali tahun ini.

Sesuai jadwal yang diumumkan sebelumnya, MSI Pubstomp The International 2017 Dota 2 dilangsungkan pada tanggal 12 sampai 13 Agustus 2017 minggu kemarin. Selain menyaksikan pertandingan semi-final dan final secara live stream, para peserta disuguhkan bermacam-macam acara seru, dipersilakan mencicipi berbagai jenis perangkat gaming racikan perusahaan Taiwan itu, berjumpa dengan tim Rex Regum Qeon, serta diajak mengikuti talk show bersama NXA Ladies.

Di sebuah meja panjang, MSI memajang belasan mesin gaming, terdiri dari beragam model: laptop GT, GS, GE, PC desktop custom, Vortex hingga unit prototype dari GE Raider. Sebelum live stream dimulai, sebagian besar partisipan pubstomp menggunakan perangkat-perangkat tersebut untuk bermain Dota 2, namun tidak jarang dari mereka yang juga menikmati Overwatch. Saya sendiri mendapatkan kesempatan buat bermain Titanfall 2. Berkat internet super-cepat di Block71 Jakarta, game sebesar 45GB (total instalasi 65GB) itu bisa diunduh dalam waktu kurang dari satu setengah jam.

Bukan MSI namanya jika mereka tidak menyajikan zona virtual reality (mereka adalah produsen laptop pertama yang mengamankan gelar VR ready). Para peserta tampak mengantri dengan antusias demi mencoba game-game virtual reality semisal Space Pirate Trainer, The Lab, Broohaven Experiment, serta Dota 2 VR. PC ransel VR One memang absen dari event ini, namun laptop gaming MSI tak kesulitan untuk menggantikan perannya.

Setelah pengenalan singkat produk-produk dan fitur dari divisi laptop serta komponen, MSI memulai talk show berjudul 'How to Build, Manage and Grow Your eSports Team' dengan Nixia, Fram (co-founder sekaligus manager NXA Ladies), dan Yudhi Agus sebagai perwakilan dari Micro-Star International Indonesia. Kebetulan, panitia meminta saya untuk memoderasi sesi ngobrol-ngobrol tersebut.

Banyak hal diungkap oleh Nixia dan Fram, termasuk bagaimana sang gamermemulai kariernya, perjalanan mencari sponsor, momen saat mereka memutuskan untuk mengumpulkan anggota NXA Ladies, hingga cara Nixia dan Fram mengelola individu-individu dengan kepribadian berbeda serta tips menghadapi pergantian pemain.

Di bagian konklusi, Nixia mengutarakan pentingnya konsistensi dan menyarankan kita buat melihat industri gaming dari persepektif yang lebih luas. Selain jadi gamer pro, kita perlu ingat bahwa perkembangan eSport juga membuka kesempatan untuk menjadi broadcaster sampai influencer. Semuanya bisa dijajaki asal kita bersungguh-sungguh.

Talk show tersebut diakhiri oleh Kahoot Quiz, berisi 20 pertanyaan mengenai MSI dan Dota 2. Kuis ini mungkin cukup familier bagi Anda yang pernah mengikuti event MSI: pertanyaan-pertanyaan terpampang di layar dan peserta berlomba-lomba menjawabnya secepat mungkin dari device mereka. Lima orang dengan skor tertinggi keluar sebagai pemenangnya. Mereka membawa pulang keyboard gaming Corsair K55, tas notebook eksklusif, i-Key, hingga dog tag premium Camo Squad.

Bagi-bagi hadiah tak berhenti sampai di sana. Panitia juga mengadakan mini-turnamen Tekken 7, dilaksanakan di sela-sela live stream pertandingan The International 2017. Diikuti oleh 17 partisipan, pemenang pertama memperoleh hadiah terbesar di pubstomp MSI: monitor AOC G24VQ6, panel gaming 24-inci yang menyimpan teknologi AMD FreeSync dan teknologi anti-blue light, dengan waktu respons hanya 1ms.

Jumlah partisipan MSI Pubstom TI 2017 kemarin mungkin tidak sebanyak di tempat lain, tapi aspek terbaik dari acara ini terletak pada tingginya antusiasme mereka. Sepanjang malam, gemuruh teriakan gembira terdengar membahana hingga ke ruang tempat saya mengistirahatkan (sejenak) kelopak mata. Kemudian di sela-sela pertandingan, para peserta tampak tak lelah untuk kembali ke area experience dan memainkan satu atau dua kali match Dota 2.

Dan sampai pagi hari, masih ada puluhan orang menyimak babak final dengan penuh semangat, hingga pada bagian perayaan kemenangan telak 3-0 Team Liquid atas Newbee. Terjaga semalam suntuk sudah pasti menghabiskan hampir seluruh energi para peserta, tapi kegembiraan terlihat jelas di mata mereka. Saya yakin, euforia The International 2017 tidak akan hilang dalam waktu dekat.

Para partisipan punya banyak opini mengenai MSI Pubstom The International 2017 Dota 2, tapi secara senada mereka menyampaikan kepuasannya. Dan saya setuju pada satu hal yang sempat diungkap oleh beberapa orang: tahun depan, MSI harus melaksanakannya lagi.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter