3 July 2017

by Yoga Wisesa

MSI Resmi Perkenalkan Dua Mouse Gaming Clutch Baru

Butuh waktu hampir enam bulan bagi MSI buat mengumumkan mouse gaming-nya secara 'lebih resmi'.

Sebagai pemain lama di bisnis hardware dan PC gaming, MSI juga tidak asing dengan perancangan periferal. Mouse, keyboard hingga mouse mat MSI sudah lama ada, namun ketika sang perusahaan ditanya apakah mereka berniat untuk menyeriusi bidang gaming gear lebih jauh, MSI waktu itu bilang bahwa perangkat-perangkat tersebut cuma disiapkan sebagai pelengkap.

Namun sebuah arahan baru tersingkap di awal tahun ini: MSI tak malu-malu lagi untuk menyertakan deretan gaming gear dalam presentasinya di ajang CES 2017. Menariknya, butuh waktu hampir enam bulan bagi MSI buat mengumumkannya secara 'lebih resmi'. Di penghujung bulan Juni kemarin, produsen akhirnya mengenalkan mouse gaming Clutch GM70 dan GM60.

Clutch GM60 dan GM70 merupakan mouse gaming flagship racikan MSI dengan prinsip modular. Produsen mempersilakan pengguna menggonta-ganti side grip serta penutup atas hingga mereka betul-betul merasa nyaman. Kedua mouse mengusung desain simetris ambidextrous, penampilannya idetik, dan juga dibekali sistem pencahayaan LED RGB MSI Mystic Light. Perbedaan paling signifikannya adalah hanya Clutch GM70 yang ditunjang konektivitas wireless.

Seperti mouse Clutch sebelumnya, MSI menaruh sepasang tombol di kedua sisi samping, melengkapi layout tombol dan scroll wheel standar. Saya menerka (MSI tidak menjelaskan lebih jauh ataupun menampilkan foto sisi bawah mouse), GM60 dan GM70 juga mempunyai switch buat menukar fungsi tombol dan thumb button sehingga dapat digunakan di tangan kiri oleh user kidal.

Perbedaan lain antara Clutch GM60 dan GM70 ada pada jeroannya. GM70 memanfaatkan sensor optik PMW 3360, sedangkan adiknya menggunakan PMW 3330. Varian wireless menyuguhkan empat level DPI default di 1000, 1.800, 2.800, dan 3.600, maksimal 18.000; lalu GM60 menyajikan 1.000, 1.800, 2.800, 3.600, dengan maksimal 10.800. Untuk switch tombol, MSI mengandalkan Omron, yang kabarnya dapat bekerja normal hingga 50 juta kali klik.

Tombol DPI bisa di pakai untuk mengganti sensitivitas secara instan, namun jika Anda butuh angka spesifik, silakan utak-atik mouse via softwarecompainon. Lewat tool tersebut, Anda juga dapat memprogram seluruh tombol di mouse (kecuali tombol pairing dan power di GM70). Mode wired tentu saja menghidangkan waktu respons paling cepat, yaitu hanya 0,33-milidetik; tapi mode wireless-nya sendiri tetap berperforma tinggi, dengan response time 1ms.

Kabarnya, mouse gaming Clutch GM60 dan GM70 akan mulai dipasarkan di bulan Juli 2017 ini. Buat sekarang, produsen belum memberi informasi mengenai harganya.

Sumber: MSI.