22 September 2015

by Yoga Wisesa

MSI Sediakan MS-9A69, PC Mungil Untuk Kebutuhan Industri

Bagi khalayak Indonesia, brand MSI setidaknya mewakilkan dua jenis produk: PC desktop/laptop berperforma tinggi, dan komponen hardware khusus antusias. Padahal di kancah persaingan IT global, ada banyak ranah yang mereka geluti: tablet, kamera Wi-Fi, server, pusat hiburan di kendaraan, hingga sampai pada penyediaan komputer kelas industri berkonsep box PC.

Mini PC sendiri bukanlah bidang baru bagi Micro-Star International. Untuk keperluan kantor dan hiburan multimedia di rumah, Cubi serta Wind Box telah banyak dikenal orang. Namun luasnya lini industri menuntut produsen buat menemukan titik temu antara fleksibilitas dan fungsi spesifik, tak lupa ditopang rangkaian hardware yang optimal. Menyanggupi hal tersebut, perusahaan asal Taiwan itu menyingkap MS-9A69.

Bertolak belakang dari perangkat gaming mereka, tidak ada yang spesial dari penampilan MS-9A69. Wujudnya kotak bergaris-garis, dan di sisi samping Anda akan menemukan banyak sekali port COM, USB, ditemani  colokan VGA, HDMI, serta  GbE LAN. MSI ingin PC mereka tersebut dapat memenuhi permintaan konsumen terhadap device berkinerja handal tapi hemat daya listrik.

MSI meracik MS-9A69 agar penggunaannya fleksibel, menyuguhkan konsumen keleluasaan untuk membangun sistem otomatisasi di pabrik, reklame atau penanda digital, gerbang internet of things, kios jual beli, sampai sistem informasi di bus atau kendaraan. Itulah mengapa MSI membubuhkan banyak sekali konektivitas fisik dan kompatibilias power dengan arus listrik berbeda.

Info menarik: Inilah Perubahan yang Dibawa Intel Skylake Pada Ultrabook Gaming ‘Siluman’ MSI

Sang produsen mengusung desain fanless supaya MS-9A69 beroperasi dengan hening. Anda tak usah cemas soal pembuangan panas, garis-garis di tubuh PC bertugas buat menyebar temperatur. Komponen jeroannya juga disesuaikan pada kebutuhan. Anda tidak akan menemukan chip Skylake di dalam. MSI memanfaatkan Broadwell atau Bay Trail di atas board berukuran 3,5-inci, tergantung dari pilihan Anda.

MSI menawarkan dua opsi MS-9A69: tipe box PC berprosesor quad-core Intel Celeron J1900 atau dual-core i3-5010U, dengan RAM single channel DDRL (1.333MHz di Celeron dan 1.600MHz di Core i3) sebesar maksimal 8GB, Intel HD Graphics, berjalan di platform Windows 7, 8.1 atau 10. Varian Intel Celeron bisa dipasangkan sepasang display independen di resolusi maksimal 1920x1200, sedangkan model ber-i3 mendukung hingga tiga panel.

MSI MS-9A69 sudah mulai didistribusikan ke Jerman, Kanada, Denmark, Perancis, Itali, Jepang, Inggris, Amerika serta Singapura. Sayang sejauh ini belum ada info mengenai harganya.

Sumber: MSI.com.