13 November 2019

by Yoga Wisesa

MSI Siapkan Monitor Portable IPS 240Hz Untuk Berkerja dan Gaming

Akan diungkap resmi di ajang CES 2020 bulan Januari besok.

Menjelang CES, Consumer Technology Association biasanya mengumumkan perangkat-perangkat inovatif yang berhak menerima Innovation Awards. Dan sudah menjadi tradisi tahunan bagi produsen hardware PC MSI untuk mengamankan gelar ini. Untuk CES 2020, mereka menjagokan laptop gaming GT76 Titan, PC desktop Prestige P100, gaming desktop MEG Aegis TI5 dan sejumlah komponen serta periferal baru.

Di antara rentetan produk anyar MSI, tertangkaplah sesuatu yang tidak biasa. Micro-Star International memang telah menyediakan beragam pilihan monitor sejak bertahun-tahun lalu, namun kali ini mereka menyiapkan sebuah display berkonsep portable. Periferal ini masih menjadi bagian dari keluarga Optix MAG, tetapi dirancang agar pemakaiannya lebih fleksible, siap mendukung gaming serta keperluan produktif. MSI menamainya Optix MAG161.

Di laman CES 2020 Innovation Award, sang produsen asal Taiwan menjelaskan bagaimana Optix MAG161 merupakan 'kulminasi dari upaya mengembangankan monitor berfitur lengkap, portable dan bertenaga'. Periferal memiliki ketebalan hanya 5-milimeter, mengusung panel berjenis IPS dan dibekali refresh rate 240Hz (spesifikasi ini menunjukkan bahwa MAG161 adalah perangkat kelas premium). Di gambar, monitor portable tersebut terpasang ke struktur foldable ala pelengkap tablet convertible - Anda bisa mendirikan dan mengatur kemiringannya, kemudian ketika sedang tak dipakai, menutup layarnya dengan cover.

Situs berbahasa Spanyol El Chapuzas Informatico mendapatkan informasi lebih lengkap terkait spesifikasi Optix MAG161. Berdasarkan keterangan mereka, layar portable MSI ini memiliki luas 15,6-inci (kira-kira selebar laptop mainstream), menyuguhkan resolusi 1920x1080p serta mempunyai waktu respons 3-milidetik. Selain itu, perangkat mendukung dua tipe koneksi, yakni USB type-C serta HDMI.

Beberapa aspek yang sejauh ini belum diketahui mengenai Optix MAG161 ialah faktor kompatibilitas serta apakah perangkat menyimpan baterai internal atau harus tersambung ke unit power supply eksternal. Apakah ia mampu mendukung console handheld seperti Nintendo Switch atau cuma dapat terpasang ke perangkat bergerak dan PC?

Ada fakta menarik di balik mengumuman perolehan gelar CES Innovation Award 2020 oleh Optix MAG161. Rival senegara MSI, Asus, sebetulnya sudah memperkenalkan perangkat display portable lebih dulu di Computex Taipei 2019. Produk itu merupakan anggota Republic of Gamers, berlabel ROG Strix XG17. Bedanya, Strix XG17 dilengkapi panel full-HD seluas 17,3-inci. Sejauh ini, Asus belum menyingkap kapan mereka akan meluncurkannya serta berapa harganya.

Detail lebih lengkap mengenai MSI Optix MAG161 sendiri tentu saja akan diungkap di ajang CES 2020 yang diadakan pada bulan Januari besok, bersamaan dengan produk-produk anyar sang produsen lainnya.

Via PCGamer.