25 April 2016

by Yoga Wisesa

MSI Umumkan Aegis, Gaming PC Bertenaga Dengan Desain ala Katana

Bagi MSI, Aegis bukanlah sekedar produk, namun juga sebuah platform gaming.

Pengakuan sejumlah gamer profesional terhadap mutu produk gaming MSI membuat reputasinya melesat di waktu singkat. Di tengah persaingan ketat, mereka tak berhenti mencoba mengungguli kompetitor dengan menyingkap sejumlah terobosan. Tapi di antara puluhan perangkat gaming, produk PC desktop merupakan yang paling sedikit variannya.

Di kelas ini, sepertinya sang produsen Taiwan lebih mengutamakan inovasi dibandingkan kuantitas. Beberapa PC mereka memang memiliki karakteristik tersendiri: Nightblade dirancang khusus buat LAN party, lalu Vortex tersedia untuk Anda yang menginginkan sistem berspesifikasi monster dengan dimensi minimalis. Belakangan, lini desktop mereka jadi bertambah kuat berkat kehadiran Aegis.

Penampilan Aegis dari samping-depan.

Jika elemen desain laptop gaming MSI mengusung tema supercar, tim perancang lebih leluasa dalam menggarap PC jenis desktop. Mereka ingin device baru tersebut mempunyai wujud distingtif, dan memutuskan buat berpedoman pada pada bentuk katana. Hasilnya, Aegis bahkan terlihat lebih anggun dan keren dibanding Vortex maupun Nightblade.

Aegis mempunyai desain menyerong, tajam ke atas dan asimetris jika dilihat dari sisi samping. Bagian stand terpisah dari casing utama, di sanalah MSI memposisikan power supply-nya. Sisi penampilan turut didukung oleh kehadiran fitur Mystic Light yang bisa dikustomisasi. Warna-warni lampu RGB LED build-in dapat Anda konfigurasi, dan lighting juga mampu tersinkronisasi ke game atau menyesuaikan dengan musik.

Dari samping, tubuh Aegis terlihat tajam dan asimetris.

Seperti sepupunya, MSI berupaya meminimalisir ukuran Aegis, memanfaatkan form-factormini-ITX bervolume 19,6-liter (dimensi 433x376x170mm). Ada handle di area ujung untuk memudahkan Anda mengangkatnya. Produsen menyematkan solusi pendingin Silent Storm Cooling 2, dan memastikan Aegis sanggup menjadi rumah yang lapang bagi kartu grafis Nvidia GeForce GTX 970 atau GTX 960 (PSU bisa menopang GTX 980).

Bagi MSI, Aegis bukanlah sekedar produk, namun juga merupakan platform gaming. Body-nya didesain agar kita mudah mengakses hardware serta melakukan upgrade: CPU, GPU ataupun storage. Untuk sekarang, Anda bisa memilih prosesor Intel Core Skylake i5-6500 atau i7-6700, dilengkapi memori RAM DDR4-2133 maksimal sebesar 32GB, serta penyimpanan kombinasi hard disk 3,5-inci, 2,5-inci, atau SSD M.2 SATA.

Aegis menyuguhkan level akses hardware dan konektivitas yang luas.

Untuk LAN party dan event-event sejenis, konektivitasnya sangat lengkap: Wi-Fi, Bluetooth 4.2, port LAN, empat buah USB 3.1, sepasang port USB 2.0, HDMI, dan jack audio 7-in-1.

Seperti biasa, MSI masih malu-malu mengungkap info soal harga. Dipress release, mereka hanya bilang bahwa Aegis akan tersedia secara global di akhir bulan April 2016.