Categories

Gadget

MSI Umumkan GT80 Titan, Gaming Notebook ‘Raksasa’ Pertama Dengan Keyboard Mekanik

Yoga Wisesa - 4 November 2014

Dalam kunjungan ke gaming room di markas besar MSI pada ajang Computex Taipei 2014 bulan Juni lalu, saya sempat bertanya pada mereka, mungkinkah produsen membubuhkan keyboard mekanik di notebook. Jawabannya sungguh menarik, MSI dengan yakin bilang hal tersebut sangatlah mungkin dan kita semua akan menyaksikan kemunculannya.

Saat itu MSI masih enggan memberi info lebih rinci, baik soal keyboard mekanik di gaming notebook maupun GT72. Setelah perilisan resminya, akhirnya kita tahu bahwa GT72 bukanlah produk gaming yang dimaksud – walau diusung untuk menggantikan GT70 sebagai produk tercanggih mereka. Namun alur permainan lagi-lagi berubah, khalayak kembali dikagetkan oleh pengumuman MSI GT80 Titan.

Pengungkapan GT80 dilakukan secara mendadak, tepat sebelum ajang grand final MSI Beat It 2014 dimulai. Jika Anda berpikir GT72 berada di titik hierarki tertinggi produk laptop MSI, GT80 hadir satu level di atasnya. Yang Anda saksikan ini adalah sebuah momen penting, untuk pertama kalinya sepanjang sejarah, sebuah produsen berhasil memasukkan teknologi keyboard mekanik ke notebook.

Keyboard mekanik memanfaatkan switch mandiri yang terpisah di bawah tiap tombol. Untuk mengetik dan juga ber-gaming, sistem tersebut memberikan kenyamanan luar biasa. Masalahnya, periferal keyboard ini sangat berat, dan secara teori tak mungkin dibenamkan di laptop – karena secara signifikan akan menambah bobotnya.

MSI GT80 Titan 01

 

Info menarik: Telah Mendarat di Asia Tenggara, Seperti Inilah Notebook Monster Baru Andalan MSI, GT72

 

MSI GT80 Titan menyajikan switch Cherry di bidang seluas 18-inci, berkat kolaborasi antara sang perusahaan Taiwan itu dengan Steelseries. Melalui integrasi software dan hardware, penciptanya menjanjikan tingkat kenyamanan tak tertandingi, ketika mengetik, LAN party, maupun dalam turnamen game kelas internasional.

Tetapi keyboard bukanlah satu-satunya senjata andalan GT80 Titan. Berdasarkan penjelasan vice president Global Marketing MSI, Eric Kuo, Titan mengambil tenaga dari prosesor mobile Intel terbaru serta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 980M. “Dan tak lupa dilengkapi teknologi-teknologi gaming esensial hasil pengembangan MSI,” ujarnya.

Sang raksasa juga dibekali sistem penyimpanan cloud Steelseries CloudSync serta fitur macro Steelseries Engine. Sayangnya, MSI belum mau memberi detail spesifikasi lebih lengkap. Sebagai gambaran kasar bentuk dan ukurannya, GT80 Titan mempunyai tebal 49,1 milimeter, layar 18,4-inci dan bobot 4,7 kilogram. Saya cukup khawatir dengan ketebalannya, tapi MSI telah menemukan cara untuk menipiskan membran keyboard dari 5cm menjadi 2,7cm.

Harganya? Tidak ada yang tahu kecuali MSI. Untuk patokan, GT72 dibanderol mulai dari US$ 2.600. Pastinya, GT80 Titan akan lebih mahal lagi.

MSI GT80 Titan 02

Sumber: MSI.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id