18 April 2014

by Yoga Wisesa

MSI Umumkan Notebook Gaming Monster GT70 dan GT60 Dominator Terbaru

Menjelang ajang Computex 2014 Taiwan, biasanya produsen hardware sudah menyiapkan senjata adalan masing-masing, terutama mereka yang menjadi 'tuan rumah'. MSI mengerti hal itu, dan sepertinya mereka akan menggunakan Computex sebagai medium untuk memamerkan dua tipe gaming notebook top-of-the-line: GT70 dan GT60 Dominator terbaru.

Langkah ini bisa ditebak mengingat varian GT70 sebelumnya yang menjadi favorit banyak gamer high-end dan juga memenangkan beberapa penghargaan di tahun 2013.

Pada dasarnya seri GT ini memiliki empat buah model berbeda. GT70 memiliki layar berukuran 17,3-inci, sedangkan GT60 berlayar 15,6-inci. Masing-masing model ditawarkan dengan pilihan kartu grafis anyar dari Nvidia. Tipe Dominator ditenagai GeForce GTX 870M, dan Dominator Pro dipersenjatai GTX 880M.

MSI mengadopsi kembali segala fitur dan kemampuan yang membuat pendahulunya sukses, tentu dengan upgrade di sana-sini. Menurut penjelasan sang Global Sales & Marketing MSI, Eric Kuo, terdapat peningkatan persaingan besar-besaran di pasar gaming.

Kemudian semakin banyak pula jumlah game yang menuntut kebutuhan hardware tinggi. Hal utama yang diinginkan para gamer hardcore adalah ketiadaan kompromi di bidang grafis dan fitur.

 

Info menarik: MSI ProBox23 Adalah PC Barebone Mini-ITX Pertama Mereka

 

Dengan begitu, MSI memanfaatkan prosesor mobile terbaru dari Intel serta kartu grafis dari Nvidia sebagai reaktor pembangkit tenaga dua gaming notebook baru mereka. Sebagai otak dari produk GT, MSI memilih Intel Core Generasi keempat i7 4930MQ Extreme Edition. Prosesor ini memiliki performa sekitar 15 hingga 20 kali dibanding prosesor Intel Core i7 4700/4702.

Sebagai dapur pacu grafis, pengguna bisa memilih antara Nvidia GeForce GTX 870M atau GTX 880M yang berada di puncak rantai makanan. Itu berarti Anda mendapatkan setidaknya memori RAM grafis 3GB dengan kecepatan tidak kurang dari 2,5GHz.

Untuk lini laptop, Anda tidak bisa mendapatkan yang lebih baik lagi dibandingkan GPU ini. Dengan memanfaatkan software benchmark 3DMark 11, mereka memiliki performa 15% lebih tinggi dibandingkan GTX 780M dan 770M.

Sebagai sedikit pembanding sederhana, ambil contohnya GTX 780M. Kartu grafis kelas notebook yang dirilis tahun lalu ini bisa dengan mudah melahap permainan-permainan PC baru dengan kebutuhan komponen yang tinggi bahkan hingga beberapa waktu yang akan datang. Dan GTX 880M bahkan lebih canggih dibandingkan sang pendahulu.

Bagaimana dengan fitur lainnya? Notebook monster ini didukung Super RAID 2 yang memiliki kecepatan transfer data 15 kali dibandingkan hard disk biasa - dari mulai satu hingga 1,5Gb per detik. Untuk penyimpanan, MSI juga membenamkan hard disk berkapasitas 750GB dengan kecepatan 7200RPM.

Baik GT70 dan GT60 Dominator memiliki fungsi Matrix multi-display dimana Anda bisa memanfaatkan tiga buah monitor eksternal yang bekerja secara bersamaan baik dengan konektivitas HDMI 1.4, mini display-Port 1.2 dan port VGA standar. Anda bukan hanya bisa memanfaatkan GT untuk ber-gaming di layar lebih lebar, namun juga sebagai media kerja hingga semi-workstation.

 

Info menarik: Tim NXL Asal Indonesia Memenangkan MSI Beat It Qualifier Asian Cyber Games 2013

 

Seperti sebelumnya, MSI menunjuk perusahaan periferal gaming Steelseries untuk merancang komponen keyboard. Keyboard biasanya menjadi bagian terlemah pada gaming notebook. Bukan hanya tidak terlalu nyaman, ia juga mudah rusak - apalagi dengan pemakaian yang intens.

Namun keyboard notebook GT bukan hanya nyaman untuk ber-gaming dan mengetik, ia juga tahan lama, dan memiliki fungsi backlight LED dengan 100 kombinasi warna untuk Anda yang peduli pada penampilan.

Selain itu, varian baru ini menyimpan fitur Killer DoubleShot untuk meminimalisir latency pada pertandingan online, teknologi suara Audio Boost 2, Cooler Boost 2 untuk memastikan hardware-nya tetap sejuk, speaker dari Dynaudio lengkap dengan teknologi Sound Blaster Cinema. MSI juga telah membundel app seperti Steelseries Engine dan juga XSplit Gamecaster ke dalamnya.

Dalam press release mereka, MSI belum mengumumkan soal harga dan ketersediaan. Tapi asumsinya, kedua GT baru ini akan menjadi primadona booth MSI di event Computex 2014. Di bawah ini spesifikasi hardware GT70 Dominator Pro.

Sumber gambar: MSI.com.