28 June 2016

by Bambang Winarso

Mudik Makin Nyaman dengan Aplikasi Android Ini

Pilihan aplikasi yang berguna di saat akan dan tengah menempuh perjalanan, baik kendaraan pribadi ataupun umum

Mudik sudah jadi tradisi ketika liburan tiba. Biasanya berbagai persiapan pun harus dilakukan. Bagi yang berkendara dengan kendaraan pribadi, kesiapan mobil atau motor perlu diutamakan. Kemudian bekal di perjalanan, pakaian selama di kampung halaman dan tentu saja mempersiapkan rumah yang akan ditinggalkan.

Tapi, karena sekarang zamannya serba teknologi. Smartphone pun bisa dimanfaatkan untuk membantu persiapan ataupun ketika di dalam perjalanan. 5 Aplikasi Android ini misalnya, bisa jadi pilihan untuk membuat mudik Anda menjadi lebih nyaman.

Google Maps

Tahukah Anda bahwa setiap tahun rute perjalanan dari dalam ke luar kota Jakarta selalu berubah kendati tak signifikan. Tapi perubahan geografis lain ternyata berpengaruh terhadap ingatan Anda. Peta seperti Google Maps bisa menjadi patokan paling akurat saat Anda mulai kehilangan arah.

Application Information Will Show Up Here

 

Toilet Rate Mudik

Kesannya memang sepele, tapi jangan salah. Saat Anda berada dalam mode "darurat", toilet menjadi satu-satunya tempat yang ingin Anda temukan secepatnya. Aplikasi ini membantu Anda menemukan toilet terdekat, disetai petunjuk arah dari lokasi Anda terkini. Di dalamnya Anda juga dapat memberikan input toilet bersih baru sehingga databasenya akan semakin luas.

Application Information Will Show Up Here

 

PertaminaGo Mobile

Selain urusan ke "belakang", urusan perut kendaraan juga sangat penting diperhatikan. Jika salah perhitungan, bisa-bisa Anda dan keluarga menginap di pinggir jalan. Selain memastikan jarak tempuh dan kapasitas bahan bakar, tak ada salahnya memasang aplikasi dari Pertamina ini.

Aplikasi PertaminaGo Mobile memberikan petunjuk lokasi SPBU terdekat lengkap dengan petunjuk arah yang harus Anda tuju. Selain itu, aplikasi juga memberikan informasi terkini terkait lalu lintas dan juga produk-produk Pertamina.

Application Information Will Show Up Here

 

Anavigo

Anavigo mempunyai banyak manfaat selama di perjalanan

Setelah semua persiapan dilakukan, jangan lupakan juga persiapan digital dengan memasang aplikasi ini. Ada tiga fitur utama yang ditawarkan. Pertama, ia membantu merancang perjalanan, rute dan juga tempat-tempat menarik di sepanjang perjalanan. Kedua, aplikasi bisa melaporkan kondisi lalu lintas di depan Anda. Ketiga, aplikasi memuat berbagai solusi di saat-saat darurat. Misalnya mencari SPBU dan tenaga mekanik dari Astra Repair Shop.

Application Information Will Show Up Here

 

Aplikasi tiket

Sementara bagi Anda yang mudik dengan kendaraan umum, ada banyak sekali aplikasi pemesanan tiket dan hotel yang bisa Anda manfaatkan demi memangkas waktu dan tenaga. Antara lain:

Sumber gambar header Pixabay.