Categories

Gadget

Musisi Kini Dapat Menerima Donasi di SoundCloud

Salah satu upaya SoundCloud untuk membantu komunitas musisi di tengah pandemi

Glenn Kaonang - 7 April 2020

SoundCloud terus melancarkan upayanya dalam membantu komunitas musisi selama masa pandemi COVID-19. Belum lama ini, mereka bekerja sama dengan Twitch untuk memudahkan para musisi menghasilkan uang melalui live stream.

Memang tidak semua musisi tertarik ‘memindahkan’ konsernya yang batal ke Twitch, dan lagi SoundCloud tidak bisa menjamin semua pengguna platform-nya bakal tergabung di program Twitch Affiliate sehingga dapat memonetisasi live stream-nya. Untuk itu, mereka menyediakan alternatif yang lebih mudah lagi dalam bentuk tombol donasi.

Ya, para musisi sekarang bisa menerima donasi melalui profil SoundCloud-nya. Usai fitur ini diaktifkan, akan muncul tombol “Support (Nama Musisi)” berwarna biru di sebelah kanan, persis di atas statistik jumlah follower dan jumlah track masing-masing musisi.

Platform donasi yang didukung pun cukup beragam, meliputi Paypal, Bandcamp, Shopify, GoFundMe, Kickstarter, sampai Patreon. Istimewanya, SoundCloud tidak mengambil untung sedikit pun dari sini.

SoundCloud donation

Di samping fitur donasi, SoundCloud turut meresmikan layanan terbarunya, Repost by SoundCloud. Layanan ini pada dasarnya ditujukan untuk memudahkan distribusi musik ke berbagai platform seperti Spotify, Apple Music, TikTok, atau Instagram.

Kemudahan dalam aspek marketing juga menjadi fasilitas yang ditawarkan Repost. Contoh sederhananya, musisi dapat memakai layanan ini untuk mengajukan karyanya supaya bisa diikutkan dalam playlistplaylist rekomendasi masing-masing platform streaming.

Menariknya, Repost by SoundCloud dapat dinikmati para pelanggan SoundCloud Pro Unlimited tanpa biaya tambahan. Repost juga bisa dibeli secara terpisah dengan tarif $30 per tahun. Setelah aktif, SoundCloud akan mengambil 20% keuntungan yang musisi dapatkan dari platform streaming di luar SoundCloud.

Sumber: 1, 2, 3. Gambar header: Rachit Tank via Unsplash.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id