Categories

Berita

MVNO Malaysia XOX Siap Ekspansi ke Indonesia dalam Kurun Waktu 3 Tahun Mendatang

Menawarkan aplikasi VoIP dengan nomor virtual Voopee, di Indonesia bakal bersaing dengan SmartCall

Marsya Nabila - 29 July 2016

XOX Berhad, perusahaan telekomunikasi mobile virtual network operator (MVNO) asal Malaysia, berencana untuk melebarkan sayap bisnisnya ke sejumlah negara kawasan Asia Tenggara, di antaranya Indonesia, Filipina, dan Thailand dalam kurun waktu tiga tahun mendatang dengan memasarkan aplikasi VoIP berbasis nomor virtual Voopee.

Keputusan tersebut diambil, pasca masuknya pemegang saham utama di internal perusahaan yakni Bank Macquarie asal Australia lewat perjanjian bersyarat yang dilakukan oleh kedua belah pihak pada 27 Juli 2016.

Dalam perjanjian itu, Bank Macquire membeli sebanyak 400 lembar juta saham XOX. Perusahaan berharap masuknya pemegang saham baru tersebut dapat meningkatkan pendapatan dan XOX akan menggunakan tambahan dana tersebut untuk perluasan Voopee di tingkat regional.

Pada tahap awal, negara yang akan disasar adalah Indonesia, Thailand, dan Filipina. Disusul negara lainnya di kawasan Asia Tenggara sesuai dengan ketersediaan dana.

"Saat ini, perusahaan tengah melakukan diskusi dengan sejumlah operator telekomunikasi dari tiga negara tersebut. Banyak tahapan yang perlu ditempuh sebelum finalisasi, mulai dari mempelajari persyaratan hukum, penilaian dari segi finansial, dan kerja sama dari segi viabilitasnya dengan operator jaringan mobile sebagai mitra global Voopee," terang manajemen XOX seperti dikutip dari Telecompaper.

Seperti diketahui, Voopee adalah aplikasi smarphone yang memungkinkan pengguna smartphone untuk memiliki tambahan nomor lokal tanpa perlu kartu SIM tambahan. Mereka dapat berkolaborasi dengan jaringan selular lokal di berbagai negara.

Di Indonesia, sebelumnya sudah ada solusi serupa dari Smartfen. Aplikasi mobile voice over internet protocol (VoIP) prabayarnya, yang dinamai SmartCall, menggunakan teknologi yang dikembangkan One Horizon dan bisa digunakan di platform Android.

Pengguna SmartCall bisa menggunakan nomor virtual Smartfren untuk menerima dan melakukan panggilan telepon dan berkirim pesan di seluruh dunia melalui jaringan internet. Menariknya, karena bentuknya nomor virtual, kita tidak harus menjadi pelanggan yang menggunakan kartu SIM fisik Smartfren.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter