Categories

Gadget

MyKronoz ZeTime 2 Teruskan Jejak Pendahulunya Mendefinisikan Ulang Istilah Smartwatch Hybrid

Masih mengawinkan elemen mekanis dengan touchscreen, tapi lebih sempurna berkat panel AMOLED dan dukungan perintah suara

Glenn Kaonang - 6 September 2018

Dunia mengenal istilah smartwatch hybrid sebagai jam tangan analog yang dilengkapi kapabilitas activity tracking. Namun startup asal Swiss bernama MyKronoz punya anggapan berbeda. Buat mereka, smartwatch hybrid adalah smartwatch yang berhasil mengawinkan elemen mekanis dengan kecanggihan layar sentuh, dan itu sudah mereka wujudkan tahun lalu melalui perangkat bernama ZeTime.

Untuk tahun ini, MyKronoz telah menyiapkan ZeTime 2 sebagai suksesornya. Tentu saja perpaduan jarum jam mekanis dan touchscreen masih menjadi nilai jual utama di sini, akan tetapi MyKronoz telah menyempurnakan sejumlah aspek lainnya. Dari segi opsi, konsumen kini bisa memilih antara varian berdiameter 44 mm (Regular) atau 39 mm (Petite).

Layar sentuh yang dikitari case stainless steel itu sekarang menggunakan panel AMOLED; diameternya 1,3 inci pada varian Regular, 1,05 inci pada varian Petite. UI-nya diklaim juga telah disempurnakan, dan yang lebih menarik, ZeTime 2 kini dibekali mikrofon sehingga dapat dioperasikan via perintah suara.

Sensor laju jantung tentu masih dipertahankan, demikian pula integrasi NFC dan konstruksi tahan air, meski sekarang cuma 3ATM (turun dari 5ATM). Yang meningkat cukup drastis adalah ketahanan baterainya, kini mampu bertahan sampai 60 hari dalam mode analog (ZeTime orisinil hanya 30 hari), atau hingga 4 hari dalam mode smartwatch sepenuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, MyKronoz turut memperkenalkan ZePop, varian lebih terjangkau dari ZeTime 2. ZePop juga dibekali sistem hybrid yang dibanggakan seri ZeTime, akan tetapi case-nya cuma terbuat dari plastik polycarbonate, dan layar sentuhnya juga bukan panel AMOLED.

Jeroan yang diusungnya mirip seperti ZeTime 2, kecuali gyroscope, mikrofon dan NFC yang semuanya absen pada ZePop. Soal baterai, ZePop mirip seperti ZeTime orisinil: 30 hari dalam mode analog, 3 hari dalam mode smartwatch.

MyKronoz ZeTime 2 rencananya akan dipasarkan seharga 200 euro, sedangkan ZePop seharga 130 euro. Sayang sejauh ini belum ada informasi terkait kapan pastinya kedua smartwatch unik ini bakal dipasarkan.

Sumber: Wareable.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter