16 October 2018

by Glenn Kaonang

Perangkat Wearable Inovatif Myo Armband Berhenti Dipasarkan

Pengembangnya memilih untuk berfokus penuh pada produk baru yang betul-betul berbeda dari Myo

Bagi yang mengikuti perkembangan perangkat wearable sejak lama, Anda semestinya pernah mendengar tentang Myo Armband. Dikembangkan oleh startup bernama Thalmic Labs, perangkat inovatif itu memanfaatkan sederet sensor electromyographic (EMG) untuk mendeteksi aktivitas elektrik pada otot-otot di pergelangan tangan.

Digabungkan dengan gyroscope, accelerometer dan magnetometer, Myo pun sanggup menerjemahkan informasi tersebut menjadi gesture tangan yang beragam untuk mengontrol berbagai perangkat; mulai dari komputer, VR headset sampai drone. Setelah sejumlah revisi, versi ritel Myo pada akhirnya dirilis di tahun 2015.

Sayang sekali umur Myo rupanya cukup pendek. Baru-baru ini, Thalmic memutuskan untuk berhenti memasarkan Myo dengan alasan perlu berfokus penuh pada produk barunya. Belum ada informasi mengenai apa produk baru tersebut, tapi yang pasti betul-betul berbeda dari Myo – ada rumor yang mengatakan smart glasses – dan Thalmic berencana untuk menyingkapnya dalam waktu dekat.

Sepanjang perjalanannya sejak tahun 2012, Thalmic berhasil mengumpulkan pendanaan lebih dari $135 juta dari sejumlah investor. Myo yang dijual seharga $200 sendiri juga sempat menjadi sorotan dalam sejumlah pencapaian teknologi.

Salah satu yang paling keren adalah pencapaian dari para peneliti di John Hopkins University, yang memanfaatkan dua unit Myo agar seorang pasien amputasi dapat mengontrol tangan prostetiknya.

Tidak kalah menarik adalah ketika Myo berada di tangan seorang DJ kelas dunia, yaitu Armin van Buuren. DJ asal Belanda itu sempat mengenakan Myo di kedua tangannya untuk mengontrol efek pencahayaan yang bombastis pada salah satu konsernya.

Seumpama Thalmic benar pivot ke smart glasses, kita mungkin bakal menilainya sebagai sebuah downgrade. Namun semestinya mereka mampu menawarkan inovasi yang sangat menarik di ranah tersebut, apalagi mengingat mereka harus benar-benar berpaling dari Myo, dan itu yang membuat saya cukup penasaran.

Sumber: VentureBeat dan Thalmic.