Categories

Misc

Nantinya Apple Akan Izinkan Pengguna Hapus Aplikasi Bawaan?

Aditya Daniel - 18 September 2015

Di perangkat iOS, ada banyak aplikasi default yang disertakan oleh Apple, Stocks, Weather, Compass, Tips, Podcasts adalah beberapa di antaranya. Saya yakin banyak diantara pengguna perangkat iOS jarang menggunakan semua aplikasi yang saya sebut di atas. Atau mungkin malah Anda membuat sebuah folder khusus untuk menyimpan semua aplikasi yang jarang digunakan tersebut.

Apple memang tidak pernah memberi izin para penggunanya untuk menghapus aplikasi bawaan. Meski dapat memperlega ruang penyimpanan jika dihilangkan, khususnya untuk perangkat iOS dengan kapasitas penyimpanan 8GB atau 16GB, namun ternyata aplikasi-aplikasi tersebut berguna untuk mendukung sistem pada iOS agar dapat berjalan secara optimal.

Kabar gembira datang dari Tim Cook, sang CEO. Lewat sebuah wawancara yang dilakukan oleh John Paczkowski, Tim Cook mengatakan bahwa ke depannya Apple akan mengizinkan pengguna untuk menghapus aplikasi-aplikasi bawaan yang jarang digunakan.

Info Menarik: Update Twitter untuk iOS Hadirkan Pengalaman iPhone di iPad

Tim Cook menjelaskan wawancara tersebut bahwa ada aplikasi-aplikasi bawaan yang terhubung dengan sistem lain pada iOS. Jika sembarangan menghapusnya dikhawatirkan akan mengganggu kinerja perangkat yang berakibat pada ketidaknyamanan pengguna. Nah, aplikasi bawaan yang tidak terhubung dengan sistem inilah yang nantinya akan diizinkan oleh Apple untuk dihapus oleh pengguna.

Dalam percakapannya memang Tim Cook tidak secara gamblang menyebutkan bahwa nantinya pengguna bisa ‘membuang’ aplikasi bawaan, tapi mengindikasikan kemungkinan akan hal tersebut di kemudian hari. Komentar Tim lebih merujuk pada kenyamanan pengguna yang ia sadari ada pula yang ingin menghilangkan aplikasi bawaan yang tidak diperlukan.

Tim Cook juga tidak secara detail menjelaskan kapan Apple akan mulai mengizinkan penggunanya untuk dapat menghapus aplikasi bawaan. Jika nantinya Apple melakukan hal ini, maka pengguna bisa mendapatkan ruang penyimpanan yang lebih lega dengan menghapus aplikasi yang jarang digunakan.

Selain berbicara mengenai hal ini, Tim Cook juga memberikan keterangan terkait keamanan dua fitur anyar iOS yaitu Live Photos dan Hey, Siri yang kini dapat diaktifkan meski perangkat iOS sedang tidak terhubung dengan charger. Keterangan lain yang diberikan oleh Tim Cook adalah tentang iPhone Upgrade Program. Anda bisa membaca wawancara lengkap di tautan ini.

Info Menarik: Kini Tersedia untuk iPhone, Aplikasi Paper by FiftyThree Bawa Konsep yang Berbeda

Apple adalah salah satu perusahaan yang cukup ketat dalam mengontrol produk yang dimilikinya tak terkecuali dari sisi software. Saya sendiri memprediksi hanya sebagian kecil aplikasi yang akan diizinkan oleh Apple untuk dihapus. Bagaimana menurut Anda?

Sumber: BuzzFeed | Gambar header: Hadrian/Shutterstock.com.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter