1. Lifestyle

NASA Ingin Anda Merancang Tangan Robotik Milik Salah Satu Robotnya

Bermitra dengan Freelancer.com untuk mengumpulkan konsep desain terbaik

Siapa yang menyangka kalau organisasi sebesar dan seserius NASA mau melibatkan publik dalam mengerjakan salah satu proyeknya? Namun tentunya bukan sembarang publik, melainkan jutaan sosok berbakat yang tergabung dalam komunitas Freelancer.com.

Sejak tanggal 14 Januari kemarin, keduanya sedang mengumpulkan konsep-konsep desain yang bisa diterapkan pada tangan robotik milik robot Astrobee besutan NASA. Robot Astrobee sendiri nantinya akan ditugaskan di International Space Station (ISS).

Tugas Astrobee banyak, mencakup pekerjaan yang rutin dan berulang-ulang seperti misalnya survei atau inspeksi, dan pastinya akan dikerjakan dengan sendirinya. Namun dengan bantuan tangan robotik ini, kemampuan Astrobee dalam berinteraksi dengan objek-objek berukuran kecil pun akan meningkat pesat.

Metode crowdsourcing ini mereka perlakukan layaknya sebuah kompetisi. Dalam fase pertama, NASA akan menyeleksi 30 freelancer dengan konsep tangan robotik terbaik yang akan lanjut menuju fase kedua; dimana mereka akan diminta untuk merincikan arsitektur rancangannya, menggambarkan semua elemen yang membentuk konsep tangan robotiknya.

Pada fase terakhir, NASA akan memulai tahap crowdsourcing lain guna mengumpulkan ide terkait sub-komponen milik 30 konsep tangan robotik tadi secara lebih mendetail. Tentunya semua harus didasari oleh spesifikasi yang telah ditetapkan ketigapuluh freelancer berbakat tadi.

Ini sebenarnya bukan pertama kali NASA dan Freelancer.com berkolaborasi dengan metode crowdsourcing. Sebelumnya, mereka sempat mengumpulkan ide untuk membantu melatih sistem pengenalan gambar milik robot astronot Robonaut-2. Kemudian keduanya juga sempat menggalang konsep desain aplikasi smartwatch yang berpotensi memaksimalkan kinerja para astronot di masa yang akan datang.

Buat para freelancer yang tertarik menyumbangkan idenya serta ingin ikut ambil bagian dalam mengembangkan tangan robotik milik Astrobee, silakan kunjungi situs resmi Freelancer untuk mengetahui detail lengkap dari kompetisi sekaligus mendaftar.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again