1. Lifestyle

Natalia Project, Perangkat Personal Alarm untuk Aktivis Kemanusiaan

Menjadi aktivis, utamanya aktivis kemanusiaan, seringkali berarti resiko untuk berhadapan dengan berbagai ancaman yang membahayakan jiwa. Meski di Indonesia saat ini keadaan sudah relatif kondusif bagi aktivis kemanusiaan, kita tentu tidak bisa lupa bagaimana sebelum reformasi pada 1998 cukup banyak kabar mengenai hilangnya aktivis yang menentang rezim penguasa ketika itu.

Civil Rights Defenders, sebuah lembaga swadaya berskala internasional yang berpusat di Swedia, berupaya membuat alternatif solusi untuk melindungi para aktivis kemanusiaan dari bahaya-bahaya yang mungkin menimpa mereka. Salah satu solusi yang dibuat oleh Civil Rights Defenders adalah sebuah inisiatif bernama Natalia Project.

Secara sederhana, Natalia Project bertujuan untuk memberikan perangkat personal alarm berbentuk gelang. Pengguna perangkat ini bisa dengan mudah melakukan aktivasi alarm ketika dalam kondisi darurat. Jika diaktivasi, perangkat akan mengirimkan pesan dan posisi terakhir pengguna melalui sinyal GSM/GPRS ke jejaring Civil Rights Defenders yang terdekat serta ke markas pusat Civli Rights Defenders di Stockholm. Selain itu, sinyal ini juga kemudian akan dipublikasikan di akun-akun media sosial Civil Rights Defenders.

Dengan mekanisme kerja seperti yang dipaparkan tadi, Civil Rights Defenders berharap perangkat ini bisa mengurangi dampak buruk yang menimpa aktivis kemanusiaan yang mendapatkan bahaya seperti penyerangan atau penculikan. Dengan menyebarluaskan informasi mengenai serangan terhadap aktivis pengguna perangkat ini, Civil Rights Defenders berharap tindakan penyelamatan bisa dilakukan dengan lebih baik.

Nama Natalia Project terinspirasi dari nama seorang aktivis kemanusiaan, Natalia Estemirova, yang pada tahun 2009 lalu diculik dan terbunuh dalam tempo 24 jam sejak penculikannya. Untuk mencegah dan meminimalisir hal-hal semacam ini terulang, Civil Rights Defenders mengembangkan perangkat ini.

Saat ini perangkat ini sepertinya hanya tersedia bagi aktivis yang termasuk dalam organisasi Civil Rights Defenders ataupun afiliasinya di berbagai belahan dunia. Civil Rights Defenders sendiri membuka kesempatan kepada siapa saja untuk memberikan donasi atau bergabung menjadi bagian dari jejaring Natalia Project. Jika Anda tertarik dengan inisiatif ini, Anda bisa mengunjungi halaman resmi Natalia Project di tautan ini.

 

Sumber: Slash Gear.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again