Categories

Interview

Nearbykost Hadirkan Daftar Hunian Sementara untuk Backpacker

Selain kost, menyediakan pula daftar rumah, apartemen, dan vila untuk disewakan

Prayogo Ryza - 6 May 2015

Nearbykost adalah layanan yang menyediakan daftar (listing) tempat hunian sementara, mulai dari kost, rumah hingga vila di berbagai kota di Indonesia. Segmen pasar yang disasarnya adalah backpacker dengan budget terbatas. Baru diluncurkan beberapa waktu yang lalu, mereka berharap sepanjang tahun ini bisa menyempurnakan sistemnya untuk bisa menyediakan layanan pemesanan secara langsung.

Co-Founder Nearbykost Acep Firmansyah kepada DailySocial mengungkapkan bahwa Nearbykost hadir untuk memberikan daftar hunian sementara yang terjangkau bagi para backpacker. Sejauh ini layanan Nearbykost bisa diakses melalui web dan aplikasi Android.

Ia menjelaskan, “Nearbykost dibentuk untuk memenuhi kebutuhan akomodasi murah untuk para backpacker dengan budget minim. Dan untuk mencapai itu, saya menemukan bahwa kost-kosan adalah penginapan dengan rate paling murah.”

Selain hunian murah berupa kost-kostan, Firmansyah mengatakan Nearbykost juga menyediakan daftar hunian lain seperti rumah, apartemen, dan vila.

Sebagai pemain baru Nearbykost belum banyak mempunyai member, menurut Firmansyah hal ini disebabkan kebanyakan pengunjung mereka melanjutkan transaksi langsung dengan penyedia hunian melalui media SMS, telepon, atau bertemu langsung. Nearbykost mengklaim mencapai 5000 unique visitor per bulan.

Nearbykost sendiri sekarang mengijinkan pengusaha kost atau agen yang menyewakan hunian memposting tanpa perlu mendaftar sehingga jumlah anggota terdaftar belum begitu banyak.

Saat ini Nearbykost terus melakukan pembenahan untuk menyempurnakan sistem dengan memperkaya fitur-fitur di dalamnya. Salah satunya menyiapkan fitur pemesanan langsung sehingga para pengujung tak lagi berkomunikasi melalui media lain.

“Saat ini kami sedang mengembangkan sistem untuk para pengusaha kost untuk managekost-kostan mereka, seperti berapa kamar yang sedang kosong, sistem pembayaran, tagihan listrik masing-masng kamar, tagihan air, dan lain-lainya. (Proses tersebut) akan terkoneksi dengan server Nearbykost secara real time, sehingga para pencari akomodasi bisa langsung memesan kamar tanpa harus membuat panggilan atau SMS,” jelas Firmansyah.

Melalui pembaruan sistem yang ditargetkan rampung pada kuartal keempat tahun ini Nearbykost mencoba menyajikan sesuatu yang berbeda. Tak hanya listing akomodasi, Nearbykost juga mencoba untuk menyediakan layanan akomodasi.

“Tahun ini kita targetkan semua pembaruan sistem rampung sehingga pada awal 2016 kita sudah bisa mulai untuk menjalin kerja sama dengan para pengusaha kost dan maju dengan wajah baru yang membedakan Nearbykost dengan layanan sejenis. Kita bukan hanya listing akomodasi, tetapi juga melayani akomodasi,” paparnya.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter