Categories

Home Appliance

Nest Luncurkan Trio Produk Pintar dengan Fokus pada Keamanan Rumah

Mulai dari bel pintu yang berkamera, kamera pengawas dengan facial recognition sampai sistem alarm modular

Glenn Kaonang - 22 September 2017

Berawal dari sebuah termostat pintar di tahun 2011, Nest kini telah berevolusi menjadi produsen perangkat smart home. Perusahaan yang diakuisisi oleh Alphabet (Google) pada tahun 2014 itu baru saja memperkenalkan tiga produk baru dengan fokus pada keamanan rumah.

Produk pertama dan yang menurut saya paling menarik adalah Nest Hello. Hello pada dasarnya merupakan perpaduan bel pintu dan kamera pengawas dalam wujud yang sangat ringkas. Tugas utamanya adalah untuk mengirim video HD secara live ke ponsel sehingga pengguna bisa langsung tahu siapa yang sedang berada di depan kediamannya.

Kameranya sendiri dilengkapi oleh lensa bersudut pandang seluas 160 derajat, sehingga tamu bertubuh jangkung maupun kiriman barang yang diletakkan di bawah dapat tetap kelihatan. Dukungan HDR memastikan tampilan video tetap optimal di berbagai kondisi pencahayaan.

Hal lain yang menarik dari Hello adalah kemampuannya untuk mendeteksi seseorang sebelum tombol bel ditekan – asalkan pengguna sudah menjadi pelanggan layanan Nest Aware. Tak hanya video, audio pun juga didukung oleh Hello, sehingga pengguna dapat menginstruksikan kurir jasa pengiriman untuk meletakkan paketnya ketika Anda sedang tidak ada di rumah misalnya.

Nest Cam IQ Outdoor / Nest

Produk yang kedua adalah kelanjutan dari kamera pengawas Nest Cam IQ Indoor yang dirilis pada bulan Juni kemarin. Sesuai namanya, Nest Cam IQ Outdoor, model baru ini dimaksudkan untuk digantung di luar rumah, dengan sertifikasi ketahanan air IP66 untuk memastikan ia bisa bertahan dari berbagai macam kondisi cuaca.

Teknologi pengenal wajah masih tersedia di sini, namun kali ini mengandalkan racikan Google sendiri yang lebih fleksibel soal kustomisasi. Output video yang dihasilkan memiliki resolusi 1080p, lengkap dengan dukungan HDR dan sudut pandang seluas 130 derajat.

Nest Secure / Nest

Produk yang terakhir merupakan satu keluarga mini tersendiri bernama Nest Secure yang bersifat modular. Komponen utamanya adalah Nest Guard, yang pada dasarnya merupakan alarm canggih yang terhubung dengan komponen-komponen lain dalam sistem ini.

Salah satunya adalah Nest Detect, yang merupakan sensor pendeteksi gerakan yang bisa dipasangkan di pintu atau jendela, menjadi mata untuk Nest Guard. Untuk mematikan alarm, pengguna dapat mendekatkan komponen pelengkap bernama Nest Tag, atau menginput nomor sandi pada Nest Guard langsung.

Soal harga dan ketersediaan, Nest berencana memasarkan Hello mulai kuartal pertama tahun depan, namun harganya belum ditentukan. Nest Cam IQ Outdoor sendiri sudah tersedia seharga $349, sedangkan paket lengkap Nest Secure (mencakup Nest Guard, dua Nest Detect dan dua Nest Tag) dibanderol $499.

Sumber: 1, 2, 3.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter