Net1 Indonesia Terus Perluas Akses Internet ke Pedesaan Terpencil

Net1 Indonesia Terus Perluas Akses Internet ke Pedesaan Terpencil

Meluncurkan layanan 4G 450MHz di pelosok pedesaan Jawa Tengah
CEO Net1 Indonesia Larry Ridwan berbincang dengan Utomo, seorang pedagang sayur keliling di Desa Telogoharjo / Net1 Indonesia
CEO Net1 Indonesia Larry Ridwan berbincang dengan Utomo, seorang pedagang sayur keliling di Desa Telogoharjo / Net1 Indonesia

Bertujuan menyebarkan jaringan 4G menyeluruh ke pelosok desa, Net1 Indonesia memperluas jangkauan area di wilayah Jawa Tengah. Mengklaim sebagai satu-satunya layanan telekomunikasi yang mengandalkan frekuensi 450MHz dengan teknologi 4G LTE (Long Term Evolution), Net1 Indonesia membuka pelayanan ke Telogoharjo. Kini desa yang berdekatan dengan perbatasan Pacitan itu pun telah mendapat akses internet 4G.

Kepada DailySocial, CEO Net1 Indonesia Larry Ridwan menyebutkan, Desa Telogoharjo bukan desa pertama yang ter-cover jaringan Net1. Sampai saat ini Net1 telah menjangkau hampir 30.000 desa seluruh Indonesia, hampir semua adalah daerah rural hingga pelosok.

Keunggulan layanan Net1 adalah karakteristik frekuensinya rendah 450 MHz, sehingga sangat cocok diaplikasikan untuk daerah-daerah yang memiliki wilayah yang luas dan kepadatan yang rendah.

“Tidak hanya di pulau Jawa, Net1 juga sudah hadir di desa-desa lainnya. Dilihat dari demografi Indonesia yang berbukit, bergunung dan berbelok-belok jalannya kemudian densitas penduduknya jarang, membuat operator sulit untuk menjangkau kawasan tersebut dan diperlukan biaya yang besar untuk menjangkau. Net1 sendiri, biayanya relatif tidak besar.”

Untuk membantu lebih banyak operator telekomunikasi menambah jumlah area, Net1 juga sudah menawarkan kerja sama strategis. Selain itu Net1 juga telah melakukan pendekatan kepada pemerintah agar perusahaan bisa memberikan akses internet 4G lebih baik lagi di pelosok daerah.

“Saya sudah lempar ajakan karena ini bukan hanya kerja satu pihak. Pemain lainnya pun sudah kita datangi agar sinergi bisa dilakukan. Namun hal tersebut masih sulit untuk dilakukan terkait adanya regulasi network sharing. Hal tersebut terbilang masih agak sensitif karena peraturannya belum ada,” kata Larry.

Saat ini, di kawasan Yogyakarta – Jawa Tengah, Net1 memiliki hampir 700 BTS. Perusahaan menargetkan dalam 5 tahun akan mencapai 2500 BTS, sesuai dengan komitmen pemerintah.

“Nah, kita berharap dalam waktu 3 tahun sudah cover semua desa. Desa-desa rural yang membutuhkan sinyal bagus itu mungkin sekitar 15-20.000 desa. Hal tersebut cukup scalable buat kita,” kata Larry.

Meluncurkan Mitra Net1

Untuk membantu masyarakat umum yang membutuhkan jaringan 4G, Net1 meluncurkan program Mitra Net1. Mitra Net1 adalah kemitraan perusahaan dengan masyarakat untuk menyediakan pulsa internet bagi penduduk desa. Dengan demikian, kini mereka bisa lebih mudah untuk mendapatkan layanan 4G.

“Mitra Net1 adalah mitra penjual khusus untuk produk prabayar dan juga agen penjual pulsa Net1. Targetnya adalah untuk menjadi channel distribusi Net1 di desa-desa. Saat ini sudah hampir 3.000 Mitra yang bergabung dalam kurun waktu kurang dari 1 tahun,” kata Larry.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…