23 November 2016

by Glenn Kaonang

Netflix Kini Suguhkan Konten 4K untuk PC dan Laptop Windows 10

Syaratnya, perangkat Anda harus mengemas layar 4K dan prosesor Intel generasi ketujuh

Proses 4K menjadi mainstream memang memakan waktu cukup lama. Meski hingga detik ini pun belum benar-benar bisa digolongkan mainstream, setidaknya nasib 4K tidak seperti teknologi 3D pada zamannya – yang sekarang sudah bisa dibilang punah.

Hal ini didukung oleh ketersediaan perangkat yang semakin beragam dan harga yang kian terjangkau. Tidak ketinggalan juga ekosistem konten 4K yang semakin luas; YouTube merupakan salah satu kontributor terbesar, tapi sekarang Netflix juga ingin ambil bagian.

Sekarang, layanan streaming film tersebut sudah siap menyuguhkan konten 4K khusus untuk PC dan laptop Windows 10. Yup, ini menjadikan Microsoft Edge sebagai satu-satunya browser yang sanggup memutar konten 4K dari Netflix.

Pun demikian, masih ada beberapa syarat lain yang perlu diperhatikan. Yang pertama tentu saja perangkat Anda harus mengemas layar 4K. Kalau tidak, sama saja Anda buang-buang data internet walaupun tidak ada batasan kuota.

Bicara soal internet, koneksi Anda harus cukup cepat untuk bisa memutar konten 4K dari Netflix dengan lancar. Netflix sendiri menyarankan kecepatan minimum koneksi berada di kisaran 25 Mbps – lebih cepat tentu lebih baik.

Syarat terakhir, perangkat Anda diwajibkan memiliki prosesor Intel Core generasi ketujuh (Kaby Lake). Entah apa alasan pastinya, tapi saya pribadi heran mengapa tidak generasi keenam (Skylake) yang dijadikan batas minimum. Kalau begini kondisinya, berarti layar 4,5K milik Surface Studio jadi sia-sia sebab perangkat tersebut hanya mengusung prosesor Intel generasi keenam.

Terlepas dari itu, kalau syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, Anda dapat menikmati konten 4K dari Netflix mulai hari ini juga, meski tentu saja ketersediaan konten berbeda-beda dari satu negara ke yang lain.

Sumber: Windows Blog. Gambar header: GrfxPro.