11 July 2018

by Glenn Kaonang

Netflix Hadirkan Fitur Smart Download untuk Aplikasi Android-nya

Berkat fitur ini, aplikasi secara otomatis bakal menghapus episode yang telah ditonton dan langsung mengunduh episode berikutnya

Sejak akhir 2016, Netflix telah mempersilakan para pelanggannya untuk mengunduh konten dan menikmatinya secara offline menggunakan perangkat mobile. Langkah berikutnya bagi Netflix adalah menyempurnakan fitur download tersebut, terutama untuk menyesuaikannya dengan kebiasaan binge watching banyak pelanggan.

Kira-kira begitu premis di balik fitur Smart Download yang baru saja dirilis oleh Netflix. Berkat fitur ini, setiap kali pelanggan selesai menonton suatu episode, aplikasi Netflix secara otomatis bakal menghapusnya dan langsung mengunduh episode berikutnya. Sangat berguna bagi mereka yang kapasitas penyimpanan di ponselnya terbatas.

Jadi semisal Anda mengunduh episode 1 - 3 dari suatu serial TV dan Anda baru saja selesai menonton episode yang pertama, Netflix bakal menghapusnya dan langsung mengunduh episode yang ke-4. Fitur ini sifatnya opsional, dan Anda masih tetap bisa menyimpan episode-episode yang telah ditonton dengan menonaktifkan fitur ini jika mau.

Hal lain yang perlu dicatat, Smart Download hanya akan aktif ketika perangkat pengguna tersambung ke jaringan Wi-Fi, meski ada pula opsi untuk mengaktifkannya via jaringan selular. Pengguna juga akan diberi notifikasi setiap kali fiturnya aktif, dan setiap suatu episode selesai diunduh.

Smart Download sudah tersedia bagi para pelanggan Netflix yang menggunakan ponsel maupun tablet Android. Pengguna perangkat iOS di sisi lain masih harus bersabar menunggu kehadiran fitur ini beberapa bulan lagi.

Sumber: Variety.