Categories

Gadget

Netgear Orbi Voice Adalah Smart Speaker yang Dapat Memperluas Jangkauan Jaringan Wi-Fi

Dibekali integrasi Alexa dan jeroan racikan Harman Kardon, sayang cuma kompatibel dengan lini router Netgear Orbi saja

Glenn Kaonang - 3 September 2018

Agustus lalu, Samsung merilis mesh router yang juga merangkap sebagai smart home hub. Kini giliran Netgear yang memperkenalkan produk serupa, hanya saja bikinan mereka ini merupakan Wi-Fi extender ketimbang router, dan peran sebagai hub-nya malah sudah dikonsolidasikan menjadi smart speaker berintegrasi Alexa.

Perangkat bernama Orbi Voice ini merupakan bagian dari sistem mesh networking Netgear Orbi. Ini sekaligus menjadi kelemahan utamanya: ia hanya kompatibel dengan router Orbi, memperluas jaringan mesh Wi-Fi ke sudut-sudut kediaman selagi menunggu instruksi maupun pertanyaan dari pengguna via integrasi Alexa-nya.

Wi-Fi extender sekaligus smart speaker sejatinya merupakan ide yang sangat menjanjikan. Daripada perangkat itu hanya duduk diam di suatu sudut ruangan, bukankah lebih baik apabila ia juga bisa digunakan untuk memutar musik sekaligus membantu pengguna dalam berbagai hal lewat integrasi voice assistant-nya?

Sebagai speaker, Orbi Voice pun terkesan cukup berpotensi. Indikasinya? Coba perhatikan label “Harman Kardon” di salah satu sisinya yang berlapis fabric. Ya, jeroannya merupakan garapan sang pabrikan audio kenamaan, termasuk subwoofer berdiameter 3,5 incinya – ia bahkan dilengkapi sebuah bass port ala speaker premium.

Layanan streaming yang kompatibel pun beragam, mulai dari Spotify, Deezer sampai pusat audiobook Audible, dan itu semua memang bergantung pada platform Alexa yang digunakan. Sekali lagi, Anda tinggal menganggapnya sebagai smart speaker biasa, cuma kebetulan saja ia juga dapat memperluas jangkauan jaringan Wi-Fi.

Di Amerika Serikat, Netgear Orbi Voice akan dipasarkan mulai bulan September ini juga seharga $300. Berhubung kompatibilitasnya terbatas, Netgear juga akan menawarkan bundel Orbi Voice bersama router Orbi RBK50 seharga $430.

Sumber: Engadget.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter