1. Startup

Netvibes Super RSS

Bekerja dalam satu workspace dan memasukkan semua bahan dalam satu tampilan memang menyenangkan, iGoogle adalah salah satunya dan tentunya juga Google Wave, bahkan tampilan MSN yang baru pun menambahkan aplikasi Facebook dan Twitter untuk menjawab kebutuhan user dan trend social networking.

Masih ingat dengan Netvibes?

Ya, jarang sekali mendengar update dan berita dari salah satu pioner penyedia layanan dasboard publishing yang bisa di desain secara personal ini. Dibentuk pada tahun 2005, Netvibes kini mempunyai kantor di Paris, London dan San Fransisco.

Lalu apa yang baru dari Netvibes? Kebetulan saya pemakai Netvibes, meski sudah tidak pernah sering digunakan sejak ada iGoogle, tapi baru-baru ini saya mendapatkan email tentang perkembangan terbaru yang mereka lakukan, email itu menyebutkan setidaknya ada dua update, salah satunya adalah Twitter widget dan satu lagi Netvibes Wasabi Edition.

Saya langsung mencoba Twitter widget, dan sampai sekarang kesannya masih bagus, anda bisa meretweet, DM, @, dan Reply langsung dari dasboard. Jumlah Tweet pun bisa diatur sesuai keinginan, karena itu hal paling utama dari dashboar personal bukan?

Kini saya bisa membaca RSS, Twitter time line, Facebook, serta blog yang saya kelola sendiri dalam satu halaman. Meski untuk RSS ada Google Reader, tapi tampilan desain Netvibes memang sangat menggoda.

Tapi time Twitter widget yang ada belum bisa short url secara otomatis (atau saya belum nemu caranya?), cukup menggangu, kerena mengurangi kecepatan untuk menyebarkan berita yang membutuhkan url yang dipendekkan. Dan tempatnya yang tidak terlalu lebar menyebabkan huruf yang ditampilkan agak kecil, terutama jika dashbord didesain 3 kolom atau lebih dan terdapat banyak widget.

Satu lagi update dari Netvibes yaitu sebuah program bercode Wasabi. Meski Netvibes versi Wasabi Edition masih belum tersedia secara luas dan masih dalam versi beta, tapi melihat apa yang akan di berikan Wasabi sudah cukup bikin penasaran.

Wasabi nantinya akan membantu Netvibes menyediakan setidaknya 3 keunggulan utama, yaitu personalisasi dashborad yang terbaik untuk mengatur feeds, widget dan jaringan pertemanan ditambah dengan the world's fastest reader. Kelebihan kedua yaitu kemudahan dalam mengatur cara pengelihatan dashbord sehingga feeds bisa ditampilkan seperti majalah real time.

Lalu kelebihan ketiga adalah near real time updates, sebuah aplikasi yang memungkinkan RSS ditampilkan secara instant dan cepat. Karena kita tau gunanya RSS reader adalah mendapatkan berita secara real time sehingga kita mendapatkan berita persis ketiaka berita itu diluncurkan. Nah, kelebihan inilah yang banyak dibahas para pengamat, karena berhadapan langsung dengan Google Reader, dan disebut-sebut, Netvibes Wasabi Edition ini akan meninggalkan Google Reader di belakang.

Bagi saya 3 alasan diatas cukup untuk sign in kembali di akun Netvibes saya, yang sudah lama sekali tidak dibuka dan mulai mencoba berbagai fitur yang ada. Meski saya pasti belum bisa meninggalkan iGoogle (soalnya belum punya Google Wave) yang cukup ringan dan tidak terlalu berat ketika upload pertama kali jika dibandingkan dengan Netvibes, terutama dengan akses internet macam di negara kita. :)

Mudah-mudahan invitation Netvibes Wasabi Edition saya diterima, jadi nanti sebelum versi beta ini diluncurkan untuk umum sekitar bulan Desember, saya sudah bisa menceritakan sedikit tentang berbagai aplikasi yang ada didalamnya, serta apakah rumor aplikasi ini merupakan feed reader paling mendekati real time itu benar?

Ada yang menggunakan Netvibes? Bagaimana pendapat anda?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again