StartupGadget

New Nintendo 3DS Resmi Diumumkan

Dalam presentasi Nintendo Direct minggu lalu, Nintendo mengumumkan penerus console handheld laris mereka yang pertama kali dipasarkan di tahun 2011. Disebut sebagai 'New' Nintendo 3DS, ia merupakan generasi keempat keluarga 3DS setelah 3DS XL dan 2DS. Walau desainnya tak jauh berbeda, Nintendo membekali New 3DS dengan berbagai fitur baru.

New Nintendo 3DS masih memiliki penampilan serupa seperti sang pendahulu. Saat membukanya, Anda disajikan rancangan layar ganda yang familiar. Tambahan paling signifikan adalah stick analog di sebelah kanan handheld console - disebut C-Stick - serta sepasang tombol 'bahu' ZL dan ZR.

Perubahan lain pada desain adalah warna tombol muka yang terinspirasi controller versi Jepang Super Nintendo Entertainment System (di negaranya dikenal dengan nama Super Famicom). New Nintendo 3DS diusung dengan layar 1,2 kali lebih besar dari 3DS biasa. Sedangnya varian New Nintendo 3DS XL (bernama LL di Jepang) mempunyai ukuran layar serupa seperti tipe terdahulu.

Secara keseluruhan, dimensi New Nintendo 3DS sedikit lebih besar dari sebelumnya. Nintendo menambatkan kamera wajah yang mampu mendeteksi posisi mata pengguna, dengan begitu memperluas sudut efek 3D stereoscopic-nya. Layar console handheld baru Nintendo tersebut akan secara otomatis menyesuaikan kondisi cahaya, ia juga dilengkapi NFC dan bisa mentransfer file media ke PC secara wireless.

 

Info menarik: Ketertarikan Konsumen Pada Nintendo Wii U Meningkat Drastis Setelah Ajang E3 2014

 

Kemampuan near-field communication-nya ditujukan untuk menyertai Amiibo - action figure collectible yang dapat menyimpan data game Wii U serta 3DS. Amiibo rencananya akan dirilis di kwartal keempat 2014 dan mendukung berbagai judul permainan: Super Mario (Peach, Mario, Yoshi, Bowser), The Legend of Zelda (Link, Zelda), Pokémon, Kid Icarus, Fire Emblem, Donkey Kong, Metroid dan Star Fox.

Di console handheld anyar tersebut, Nintendo membenamkan CPU baru demi meningkatkan kemampuan grafis serta kecepatan download lebih tinggi. Dengan prosesor yang lebih canggih, Nintendo juga berniat meluncurkan port Xenoblade Chronicles di sistem ini. Untuk mengekspansi memori New 3DS, kini Anda harus menyiapkan micro SD card (varian lama menggunakan slot SD card).

Sebagai tambahan di bagian piranti lunak, browser New Nintendo 3DS kini mendukung video playback dan filter konten yang bisa dinonaktifkan dengan registrasi kartu kredit, agar anak-anak di bawah umur tak bisa mengakses situs dewasa. Dan tentu saja, New Nintedo 3DS dan New Nintendo 3DS XL memiliki baterai yang lebih tahan lama.

 

Info menarik: Nintendo Ingin Menyatukan Home Console dan Handheld Dengan Sebuah Perangkat Baru

 

Seperti console handheld 3DS lain, New Nintendo 3DS mempunyai fitur backward compatibility (termasuk permainan Nintendo DS dan DSi) sehingga mampu menjalankan game-game yang sudah tersedia sebelumnya, dengan skema kontrol baru serta performa lebih baik. Lalu data permainan juga bisa dipindahkan dari platform tua ke New 3DS.

Kedua model 3DS baru ini akan diluncurkan di Jepang pada tanggal 11 Oktober nanti. Walau belum ada konfirmasi, ia rencananya segera tersedia secara global sebelum 2014 berakhir.

New Nintendo 3DS ialah platform yang menjanjikan, dan cocok bagi mereka yang belum pernah memiliki 3DS. Saya sendiri cukup tergoda untuk membelinya saat ia tersedia nanti. Tapi seperti Wii U, saya pikir Nintendo bisa memberikan nama lebih menarik untuk platform baru ini - bukan sekedar kata menambahkan kata new.

Dan untuk sebuah platform bertajuk 'New', Nintendo juga perlu mengejar ketinggalannya dari Xbox One, PlayStation 4, PlayStation Vita hingga iDevice dimana konten dapat diperoleh lengkap secara digital. Simak trailer-nya di sini:

Via Polygon.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again